Puluhan Warga di Boyolali Diduga Keracunan Menu Acara Buka Bersama

Puluhan warga Desa Kadipaten, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, dilarikan ke rumah sakit maupun Puskesmas terdekat Kamis (22/6/2017) malam. Diduga mereka mengalami keracunan dari makanan yang disajikan pada acara buka puasa bersama.

Informasi yang diterima detikcom, acara buka bersama yang digelar sebuah perguruan pencak silat itu berlangsung pada hari Rabu (21/6/2017), di Desa Kadipaten. Namun mereka baru merasakan gejala seperti mual, muntah dan diare pada Kamis sore hingga malam.

Oleh pihak keluarganya masing-masing, mereka dibawa ke rumah sakit dan Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Antara lain di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waras Wiris Andong, Puskesmas Andong dan Puskesmas Kemusu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Boyolali, Sherly Jeanne Kilapong, mengatakan korban yang sudah dibawa ke Puskesmas Andong sebanyak 24 orang yang sudah mendapatkan penanganan medis. Dua korban dirawat jalan.

“Di Puskesmas Andong ada 24 pasien, dua orang rawat jalan,” kata Sherly, kepada wartawan Kamis malam.

Sebagian besar korban dibawa ke RSUD Waras Wiris, Andong. Di Rumah Sakit ini terdapat sekitar 40 pasien dan sebagian lagi di Puskesmas Kecamatan Kemusu, namun jumlahnya berapa belum diketahui. Jumlah korban seluruhnya dimungkinkan mencapai sekitar 70 orang.

Pihak Dinkes Boyolali telah mengambil sampel muntahan dari beberapa pasien untuk mengetahui penyebab keracunan. Sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk mengetahui kandungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *