Puluhan Pelukis akan Melukis di Pantai Kutang dan Pohon Harry Potter

Lebih dari 70 pelukis akan menjadikan dua spot wisata baru di Lamongan sebagai objek lukisan. Para pelukis ini akan melukis massal Pantai Kutang dan Pohon Trinil bertajuk On The Spot Exhibition @RTVENTURE#7 Jelajah Jatim, 10 Desember mendatang.

Ketua Umum Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) Muit Arsa menerangkan, melukis massal ini mereka lakukan sebagai bentuk kecintaan para seniman, terutama pelukis, terhadap surga tersembunyi di Lamongan.

“Ada sekitar 71 pelukis yang akan melukis massal di dua lokasi, Pantai Kutang dan Pohon Trinil, di pada 10 Desember mendatang,” terang Muit, Senin (27/11/2017).

Muit mengungkapkan, kegiatan melukis massal ini akan diikuti pelukis dari berbagai kota di Jawa Timur yang tergabung di Koperjati. Menurutnya, acara ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap seni rupa dan memfasilitasi serta memberi wadah para pencinta seni lukis dan budaya di Jawa Timur.

“Kegiatan ini juga untuk mempromosikan potensi pariwisata dan seni budaya Jawa Timur melalui seni rupa,” tutur Muit.

Dua spot di Lamongan ini menjadi lokasi ke7 di Jawa Timur yang dipilih. “Sebelumnya sudah di Bondowoso, Batu, Kediri, Jombang, Surabaya, Probolinggo dan Lamongan,” ucapnya.

Sejak pendaftaran ditutup, Senin (20/11) lalu, 71 pelukis dari wilayah Jawa Timur mendaftarkan diri. Namun, pihaknya tak menutup pintu bila ada pelukis yang ingin bergabung dalam On The Spot Exhibition @RTVENTURE#7 Jelajah Jatim di Lamongan tanpa mendaftar terlebih dahulu.

“Yang tidak terdaftar kemungkinan masih banyak, (pendaftaran) Ini supaya jumlahnya terdata saja,” ujar Muit.

Secara terpisah, salah satu pelukis asal Lamongan, Jumartono, menyambut baik digelarnya acara ini. “Jumlah pelukis Lamongan yang dari Lamongan kemungkinan 15an orang, dan kita kesana meramaikan apalagi sebagai tuan rumah,” paparnya.

Dua spot wisata baru di Lamongan yang akan menjadi objek eksplorasi para seniman lukis ini yakni Pantai Kutang, di Desa Labuhan, dan Pohon Trinil atau Taman Harry Potter di Dusun Widhe, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong. Dua spot ini sedang ramai diperbincangkan dan menjadi viral. Dua spot ini pun kini sedang berbenah untuk bisa menjadi salah satu jujugan lokasi wisata di Lamongan.