Puluhan Burung Murai Batu di Wonosobo Disikat Pencuri

Sebanyak 16 pasang burung jenis Murai Batu di Wonosobo Jawa Tengah hilang digondol maling. Jumlah kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Puluhan burung Murai Batu itu milik Alex, warga Dusun Sicanggah, Desa Kagungan Kecamatan Kepil, Wonosobo. Dia sengaja mengembangbiakkan burung ocehan tersebut.

Alex memperkirakan, burung yang dipelihara di rumahnya tersebut hilang Minggu (15/10/2017) malam. Sebab, pada Minggu sore sebelum dirinya pergi ke Magelang burung peliharaannya masih ada. Pencuri kemudiang semua pasangan burung murai batu yang ditempatkan di kandang terpisah.

“Saya baru tahu paginya kalau burungnya hilang dicuri,” ungkap Alex di rumahnya, Senin (16/10/2017).

Padahal saat itu kata Alex, orangtua dan adiknya berada di dalam rumah. Namun karena aliran listrik dan hujan deras sehingga semua penghuni rumah saat itu tertidur pulas dan tidak mendengar suara apapun di luar rumah.

“Saya mengira maling memanjat pagar rumah dan karena mati lampu jadi lingkungan sepi,” lanjutnya.

Dia mengatakan dari 18 pasang burung murai batu miliknya, 16 pasang hilang. Sedangkan satu pasang mati diduga karena terinjak oleh maling. Atas kejadian tersebut kerugian ditaksir sekitar Rp 300 juta.

“Harga burungnya beragam, antara Rp 15 juta sampai Rp 25 juta per pasang. Karena ratarata sudah bisa bertelur atau sudah menghasilkan anakan,” terangnya.

Related Post