Polisi Sukabumi Pamerkan Anggota Geng Motor di Tugu Adipura

Pengguna jalan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Sukabumi heboh saat anggota kepolisian Polres Sukabumi Kota menggiring 41 anggota geng motor hasil tangkapan Sabtu (23/12/2017) tadi malam.

Sejumlah pengendara bahkan sempat memelankan laju kendaraannya untuk mengambil gambar iring-iringan para pelaku yang dikawal petugas kepolisian.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo mengaku sengaja kembali menggelar keterangan pers di area publik sebagai efek jera kepada para pelaku kejahatan jalanan dan memberikan rasa tenang kepada masyarakat.

“Ini sebagai jawaban kami atas keresahan masyarakat tentang aksi kekerasan para pelaku kejahatan jalanan, dan ini juga merupakan pesan kepada mereka yang selama ini kerap melakukan aksi kejahatan jangan main-main dengan kami,” tegas Susatyo, didampingi Kasatreskrim AKP Yadi Kusyadi Minggu (24/12/2017).

Bagus Eka (29) warga Cikole mengaku kaget dengan iring-iringan yang belakangan ia ketahui sebagai anggota geng motor. Beberapa kali Bagus terlihat mengeluarkan ponselnya untuk mengabadikan iring-iringan anggota geng motor tersebut.

“Selama ini di media sosial Sukabumi kerap diplesetkan menjadi ‘Sukabacok’ dan istilah-istilah negatif lainnya karena banyaknya aksi kekerasan di jalan. Saya saja kalau pulang main malam lebih memilih untuk menginap di rumah teman daripada pulang ke rumah karena takut,” ujarnya.

Bagus mengapresiasi langkah polisi dengan menampilkan para pelaku tersebut di hadapan publik secara langsung. “Ini artinya polisi sudah menyatakan perang dengan pelaku aksi kekerasan. Saya yakin mereka akan gentar untuk kembali membuat resah masyarakat,” ujarnya.

Petugas sempat memblok arus lalu lintas di sekitar Jalan Perintis Kemerdekaan atau di pertigaan Tugu Adipura saat keterangan pers digelar. Sekitar 1,5 jam para pelaku di perlihatkan kepada publik oleh aparat kepolsian.

Personel kepolisian dari Polres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Sukabumi berhasil menggagalkan perekrutan anggota Geng Motor di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2017) malam tadi. Belasan senjata tajam, atribut dan botol minuman keras berhasil disita aparat gabungan.

Sebanyak 41 anggota geng motor digiring petugas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dari tangan mereka polisi juga menemukan puluhan formulir pendaftaran untuk menjadi anggota baru.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *