Polisi Ringkus Komplotan ‘Raja Begal’ Garut

Setelah buron cukup lama, polisi akhirnya sukses membekuk kawanan ‘raja begal’ yang merampok emas satu kilogram dan mobil milik pengusaha di Garut. Sembilan pelaku ditangkap dengan empat di antaranya dilumpuhkan timah panas.

Penangkapan terhadap kawanan begal tersebut dilakukan usai penyelidikan mendalam yang dilakukan personel Subdit I dan III Jatanras Ditreskrimum Polda Jabar yang dipimpin Kasubdit AKBP Hartoyo. Dari hasil penyelidikan, polisi akhirnya dapat mengendus dan menangkap pelaku pada Sabtu (9/12) lalu di beberapa tempat berbeda.

“Total pelaku ada sepuluh orang. Hanya saat ini ada sembilan yang ditangkap satu orang masih DPO (daftar pencarian orang). Delapan orang yang ditangkap merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas), sementara satu orang penadah,” ucap Wadir Reskrimum Polda Jabar AKBP Trunoyudho Wisnu Andiko kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Selasa (19/12/2017).

Kesembilan pelaku yang ditangkap tersebut antara lain Sutrisno, Warsono, Irawan Adi, Heryandi, Aproni, Asep Egi, Ajat Sudrajat, Dede Rukmin dan Binarno. Mereka memiliki peran masing-masing dalam menjalankan aksinya.

“Mereka ada yang menjadi pelukis (perencana), eksekutor dan seorang penadah (Binarno),” tuturnya.

“Rata-rata pelaku merupakan residivis atas kasus serupa. Setelah divonis lalu bebas, mereka kembali beraksi,” tambah Truno.

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa lima buah golok, kapak, tiga linggis, bor tangan, sarung tangan, seni, gunting, lakban, tiga buah tas, perhiasan emas, timbangan digital, pelebur emas dan mobil.

Pelaku dijerat Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan serta Pasal 480 KUHPidana tentang penadahan. Mereka terancam jeratan di atas 7 tahun bui.

“Ini masih kita kembangkan dengan menangkap pelaku yang masih DPO,” katanya.

Perampok menyatroni rumah tiga lantai milik Ade Juhana (55), pengusaha jual-beli mobil di Garut, Selasa (21/11). Empat orang pelaku menyekap enam penghuni rumah dan membawa kabur satu unit mobil dan perhiasan emas seberat satu kilogram. Saat menyekap, pelaku mengklaim bahwa mereka merupakan ‘raja begal’ yang telah membunuh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *