Polda DIY Musnahkan Sabu 0,5 Kg Selundupan Penumpang Pesawat

Sleman – Polda DIY memusnahkan barang bukti sabu-sabu seberat 0,5 kg. Sabu tersebut diselundupkan oleh penumpang pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Ratna Indah Puspitasari (34) warga Klaten beberapa waktu lalu.

Pemusnahan ini berdasar surat penetapan dari Kejaksaan Negeri Sleman dan sesuai dengan Pasal 92 dan 93 Undang-undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

“Kita sudah dapat surat penetapan pemusnahan dari kejaksaan, dan diberi waktu 14 hari untuk memusnahkan barang bukti sabu ini,” kata Direktur Ditresnarkoba Polda DIY, Kombes Wisnu Widarto saat jumpa pers di Mapolda DIY Jalan Padjajaran Ringroad Utara, Sleman, Rabu (30/5/2018)

Pemusnahan sabu dengan cara dilarutkan ke dalam ember berisi air panas dan kemudian dibuang ke dalam closet.

Sebelumnya, sabu seberat 0,5 kg tersebut diamankan dari Ratna setelah pelaku mendarat di Adisutjipto pada 4 Mei 2018. Ratna merupakan penumpang Air Asia nomor penerbangan AK348 rute Kuala Lumpur-Yogyakarta. Saat ditangkap, sabu tersebut disembunyikan dalam popok yang dia pakai.

Sementara tiga nama yang termasuk jaringan Ratna masih didalami penyidik. Salah satunya adalah seorang napi kasus narkotika yang kini mendekam di Lapas Karawang, Jawa Barat.

Perempuan yang sempat menjadi TKI itu bekerja sebagai kurir narkotika jaringan Malaysia-Indonesia dan telah menyelundupkan sabu 3 kali ke Indonesia. Dia diupah Rp 10 juta sekali jalan.

Saat ini polisi masih melengkapi berita acara pemeriksaan Ratna. Dalam kasus ini polisi juga menetapkan satu pria sebagai tersangka, Jajat alias Dayut (35) warga Karawang Barat.

“Jaringannya masih kita dalami, yang perekrut, otak pelaku napi di Lapas itu, dan yang di Malaysia. Kita sudah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dan Mabes Polri,” imbuh Wisnu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *