Pohon di Sudirman-Thamrin akan Dipindah ke RPTRA hingga Waduk Pluit

Penataan kawasan Sudirman-Thamrin berdampak pada jalur hijau di kawasan tersebut. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pohon-pohon di Sudirman-Thamrin bakal dipindahkan ke beberapa titik, salah satu opsinya ke Waduk Pluit.

“Ada pindah ke sana (Waduk Pluit), ada pindah juga di dekat situ, jadi nanti teknisnya disampaikan oleh Dinas Kehutanan,” ujar Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).

Sandi juga mengatakan akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Dinas Kehutanan terkait pemindahan dan penebangan pohon di Sudirman-Thamrin. Selain itu, Sandi akan mengajak beberapa komunitas untuk memberi masukan soal penataan trotoar yang ramah pejalan kaki.

“Saya sudah mengingatkan Dinas Kehutanan dan dinas terkait untuk merangkul komunitas untuk diajak bicara dan masukan dari koalisi pejalan kaki sangat sangat penting, makanya nanti saya ingatkan pada yang terkait karena ini prosesnya masih berjalan untuk mereka melakukan pendampingan,” paparnya.

Pohon-pohon tersebut juga dimungkinkan untuk dipindahkan ke Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Jaja menegaskan pemindahan pohon tersebut ke taman-taman di Jakarta untuk menyelamatkan pohon yang masih layak tanam.Sementara itu, Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Jaja Suarja mengatakan pohon-pohon tersebut akan dipindahkan ke beberapa lokasi. Mulai dari RPTRA Kalijodo sampai Taman BMW.

“Pohon-pohon di lokasi tersebut akan dipindahkan ke Taman BMW, Taman Kalijodo, kalau lokasi masih kurang nanti ke RTH di Jalan Tipar Cakung,” kata Jaja kepada melalui pesan singkat, Kamis (8/3).

“Kalau di Waduk Pluit masih membutuhkan pohon bisa saja ke Waduk Pluit. Intinya, kita menyelamatkan pohon yang masih layak tanam,” ujar Jaja.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *