Pesawat Tempur Arab Saudi Jatuh di Yaman, Pilot Tewas

Sebuah pesawat tempur Arab Saudi jatuh di provinsi Abyan, Yaman selatan. Pilot pesawat tersebut tewas dalam insiden itu.

Kantor berita Yaman, Saba melaporkan seperti dilansir Press TV, Kamis (14/9/2017), pesawat tempur tersebut jatuh menghantam sebuah pegunungan di distrik Al Wade pada Rabu (13/9) waktu setempat.

Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat.

Kantor berita Saba mengidentifikasi pilot yang tewas sebagai Mahna alBiz.

Pekan lalu, seorang pilot Uni Emirat Arab juga tewas setelah pesawat tempurnya jatuh di Yaman. Arab Saudi dan sekutusekutunya Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Mesir, Yordania, Maroko dan Sudan telah melancarkan seranganserangan udara di Yaman sejak Maret 2015 silam. Seranganserangan udara tersebut bertujuan untuk memerangi kelompok pemberontak Houthi.

Lebih dari 12 ribu orang telah tewas sejak dimulainya kampanye militer koalisi Saudi tersebut. Sebagian besar infrastruktur termasuk rumah sakit, sekolah dan pabrikpabrik telah rata dengan tanah akibat perang ini.

Menurut badan Perserikatan BangsaBangsa (PBB), perang koalisi Saudi tersebut juga telah menyebabkan sekitar 17 juta warga Yaman tak mendapat cukup makanan, bahkan hampir 7 juta warga Yaman mengalami kelaparan, dan sekitar 16 juta warga nyaris tak mendapatkan air bersih atau sanitasi.