Pertama Kali, Kim Jong-Un Bahas Rencana Pertemuan Korut-AS

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un membahas rencana pertemuan dengan Amerika Serikat dalam pertemuan partai. Ini merupakan pertama kalinya Kim secara resmi membahas dialog dengan Washington menjelang konferensi tingkat tinggi dengan Presiden Donald Trump.

Bulan lalu, Trump setuju untuk melakukan pertemuan bersejarah dengan Kim, yang akan menjadi pertemuan pertama antara seorang presiden AS yang menjabat dengan seorang pemimpin Korut. Namun tanggal pasti maupun tempat pertemuan tersebut belum ditetapkan.

Dalam pertemuan pejabat-pejabat partainya pada Senin (9/4), Kim membahas “perkembangan hubungan Korut-Korsel saat ini dan prospek dialog DPRK-AS,” demikian diberitakan oleh kantor berita resmi Korut, KCNA seperti dilansir AFP, Selasa (10/4/2018). DPRK merupakan singkatan dari nama resmi Korut.

“Dia menyampaikan laporan mengenai perkembangan situasi terakhir di semenanjung Korea, termasuk pertemuan puncak terpisah dengan Korsel yang akan digelar bulan ini,” demikian disampaikan KCNA.

Kim dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in dalam konferensi tingkat tinggi yang langka antara dua Korea pada 27 April mendatang.

Sebelumnya, Trump telah menyatakan setuju untuk pertemuan bersejarah AS-Korut guna membahas denuklirisasi, secepatnya pada bulan Mei atau Juni mendatang. “Saya pikir akan ada rasa hormat yang besar yang ditunjukkan kedua pihak dan mudah-mudahan akan ada kesepakatan mengenai denuklirisasi,” ujar Trump pada Senin (9/4) waktu setempat.

“Mudah-mudahan itu akan menjadi hubungan yang akan jauh berbeda daripada yang telah terjadi selama bertahun-tahun,” imbuhnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *