Pertama dalam 2 Tahun, Pembicaraan Resmi Korut dan Korsel Dimulai

Korea Utara dan Korea Selatan hari ini memulai pembicaraan resmi mereka. Ini merupakan pembicaraan resmi pertama kedua negara dalam waktu lebih dari dua tahun. Pembicaraan ini difokuskan ke Olimpiade Musim Dingin yang akan berlangsung bulan depan.

Pembicaraan ini dilakukan setelah berbulan-bulan ketegangan atas program senjata nuklir dan rudal Korut. Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (9/1/2018), pertemuan berlangsung di Panmunjom, desa gencatan senjata di Zona Demiliterisasi yang membagi semenanjung Korea.

Pertemuan dilakukan setelah pemimpin Korut, Kim Jong-Un menyampaikan dalam pidato Tahun Baru-nya bahwa dia bakal mengirimkan delegasi untuk Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel. Seoul pun merespons dengan menawarkan pertemuan tingkat tinggi, dan pekan lalu hotline antara kedua Korea dipulihkan kembali setelah dihentikan selama hampir dua tahun.

Delegasi Korsel di pertemuan ini dipimpin oleh menteri unifikasi Cho Myoung-Gyon yang pergi ke Panmunjom dalam konvoi beberapa kendaraan. Sedangkan delegasi Korut dipimpin oleh pejabat senior Ri Son-Gwon. Saat bertemu, Cho dan Ri berjabatan tangan di pintu masuk ke Peace House, gedung di sisi selatan tempat pembicaraan berlangsung.

Selain Olimpiade, kedua Korea juga akan membahas isu-isu lainnya. Korsel ingin membahas kelanjutan reuni keluarga namun Pyongyang beberapa kali menolaknya sebelumnya. Korut menegaskan, pihaknya tak akan membahas reuni lebih jauh, kecuali sejumlah warganya dipulangkan oleh Korsel.

Adapun Korut kemungkinan akan membahas dihentikannya latihan militer tahunan berskala besar antara Seoul dan Washington.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *