Perintah Jokowi, Perbaiki Jembatan yang Diterjang Banjir Gunungkidul

Warga Kampung Bonjing di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, patut bergembira. Lantaran Jembatan Bonjing yang menjadi penghubung kampung ini dengan wilayah lainnya akan segera diperbaiki.

Kepastian perbaikan Jembatan Bonjing disampaikan langsung Presiden Joko Widodo, saat dia meninjau langsung lokasi rusaknya jembatan, Sabtu (9/12/2017). Presiden berjanji maksimal dalam waktu tiga bulan Jembatan Bonjing sudah bisa dilalui.

“Saya tadi sudah perintahkan maksimal (perbaikan) tiga bulan,” kata Presiden Joko Widodo kepada wartawan di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Sabtu (9/12/2017).

Presiden menerangkan, Jembatan Bonjing sebenarnya adalah jembatan kecil. Namun karena keberadaan jembatan ini vital bagi warga, maka jembatan ini harus segera diperbaiki.

“Ini sebetulnya jembatan kecil. Tetapi karena darurat, kabupaten tidak memiliki anggaran untuk ini, ya dikerjakan oleh BNPB atau (Kementerian) PU,” jelasnya.

Sementara untuk penanganan para pengungsi korban banjir, presiden mengaku tidak mendapatkan keluhan dari masyarakat. Meski begitu, dia meminta kebutuhan dasar seperti layanan kesehatan bagi warga terdampak banjir lebih diperhatikan.

“Kemudian anakanak juga, untuk kegiatan belajar juga tidak boleh terganggu. Kemudian tempat tinggal, saya sudah perintahkan juga kepada Kepala BNPB untuk segera dikerjakan,” ucapnya.

“Sekolahsekolah yang rusak, Pak Menteri Pendidikan tadi saya sudah perintahkan, Januari sudah harus dimulai, dikerjakan. Tidak hanya di Gunungkidul, di Pacitan, di Wonogiri di Bantul,” pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, Jembatan Bonjing di Gunungkidul terputus karena luapan Sungai Oya, Selasa (28/11). Akibatnya tiga RT di Kampung Bonjing terisolasi.