Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi Berhasil Digagalkan

Balai Karantina Hewan Surabaya berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan burung dilindungi di Pelabuhan Tanjung Perak. Ratusan burung yang tidak dilengkapi dokumen, kini diamankan petugas.

“Sejak tanggal 19 Januari lalu, petugas berhasil mengamankan 28 beo, 110 burai dan 99 cucak hijau yang masuk ke Surabaya,” Kata Kasi Pelayanan dan Operasional Balai Karantina, Priyadi saat dihubungi, Sabtu (27/1/2018).

Priyadi mengaku ratusan burung sengaja melewati Dermaga Jamrud Utara-Pelabuhan Tanjung Perak, untuk mengelabuhi petugas. Ratusan burung tersebut dimasukkan ke kardus dan wadah kecil.

“Modusnya setelah dikemas dengan menggunakan kardus kecil, lalu dimasukkan ke mobil dan menumpang KM Mutiara Persada 3,” ujarnya.

Kini ratusan burung tersebut diamankan oleh petugas, sembari menunggu pemilik burung melengkapi dokumen dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Ratusan burung itu kini ditahan dan diamankan di Unit Pelayanan II, Bidang Karantina Hewan-Perak,” ungkapnya.

Sementara Maulana Hanif, dokter Balai Karantina Hewan sudah melakukan tes kesehatan. Kondisi burung-burung yang tidak dilengkapi sertifikat kesehatan karantina itu kesehatannya banyak yang memburuk bahkan ada yang mati.

“Kondisi burung saat ditahan banyak yang stres, sehingga banyak yang mati. Yang mati, 1 beo, 10 cucok hijau dan 1 murai batu,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *