Penumpang Serang Kru, Delta Air Lines Tujuan China Balik ke AS

Seorang penumpang penerbangan maskapai Amerika Serikat (AS) Delta Air Lines tujuan Beijing, China menyerang awak kabin di kabin kelas satu saat pesawat mengudara. Akibatnya, pesawat terpaksa terbang kembali ke Seattle, AS.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/7/2017), penumpang yang menyerang kru pesawat itu berhasil diamankan oleh beberapa penumpang lainnya. Insiden ini terjadi dalam penerbangan rute Seattle-Beijing pada Kamis (6/7) waktu setempat.

Dituturkan juru bicara Bandara Internasional Seattle-Tacoma, Perry Cooper, penumpang yang melakukan penyerangan itu kini dalam penahanan otoritas penegak hukum setempat. Biro Investigasi Federal (FBI) ikut membantu dalam penyelidikan insiden ini ini.

Tidak disebut lebih lanjut identitas penumpang yang membuat onar itu di dalam pesawat jenis Boeing 767-300 itu.

Pesawat Delta Air Lines dengan nomor penerbangan 129 itu lepas landas dari Bandara Internasional Seattle-Tacoma sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Sekitar 45 menit kemudian, pesawat terpaksa terbang kembali ke Seattle.

Cooper menyebut, penumpang berjenis kelamin pria menyerang seorang kru pesawat di kabin kelas satu. Tidak diketahui pasti apa pemicu insiden itu. Cooper menyebut, persoalan ini tidak menjadi persoalan keamanan nasional.

Sejumlah penumpang lainnya bahu-membahu untuk menenangkan dan mengamankan penumpang yang mengacau itu. Ditambahkan Cooper, sedikitnya dua orang harus menjalani perawatan medis karena mengalami luka-luka, namun tidak parah.

Pilot pesawat memutuskan untuk terbang kembali ke Seattle dan menghubungi otoritas penegak hukum serta paramedis. Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Seattle pada Kamis (6/7) malam, sesaat setelah pukul 19.00 waktu setempat.

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Otoritas Keamanan Transportasi (TSA), Lorie Dankers, menyatakan tidak ada pelanggaran keamanan di Bandara Seattle. Pihak maskapai Delta Air Lines belum memberikan komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *