Penjelasan PDIP Soal Bocoran 3 Cagub Jabar Versi Indo Barometer

Lembaga survei Indo Barometer membocorkan tiga nama yang tengah digodok PDIP untuk Pilgub Jabar. Tiga nama hasil seleksi dari curah gagasan itu Dedi Mulyadi, Anton Charliyan dan Iwa Karniwa. Benarkah?

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan belum bisa memastikan kebenaran kabar tersebut. Sebab, sambung dia, sejauh ini belum ada rapat internal untuk membahas hal itu.

“Belum bisa (dibenarkan), sebelum rapat di DPP. Nanti ada rapat khusus,” kata Hendrawan saat dihubungi via telepon genggam, Sabtu (4/11/2017).

Menurutnya rapat itu nanti dilakukan oleh desk pilkada dan analis data. Informasi yang didapat dari FGD, pendapat tokoh masyarakat hingga hasil survei akan disampaikan dalam rapat sebagai pertimbangan.

“Kami terus melakukan pantauan, memantau survei, nama yang bermunculan, FGD. Kami tidak ingin tergesagesa, karena punya kenyamanan mengusung sendiri,” tutur dia.

Dia menuturkan pasangan calon yang diusung PDIP bisa berasal dari hasil penjaringan DPD dan DPP. Sehingga, sambung dia, sangat mungkin strategi yang sudah terbangun saat ini berubah sebelum pendaftaran.

“Seperti pemain catur lah, sampai gong pendaftaran terakhir, peluang melakukan perubahan strategi masih memungkinkan. Tapi target kam akhir November sudah dideklarasikan (paslon),” ungkap dia.

Baca Juga: Indo Barometer Bocorkan Tiga Nama yang Digodok PDIP
Sebelumnya, PDIP menggelar curah gagasan yang dihadiri sejumlah tokoh sekaligus bakal calon gubernur Jabar yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto mengatakan informasi mengenai tiga nama yang tengah digodok PDIP didapat melalui berbagai sumber internal. Terlebih ketiga nama itu sering dikaitkaitkan dengan PDIP

“(Informasi) itu dari berbagai sumber, jaringan elit atau telusuran di media. Yang menurut kita kumpulkan, ada tida nama itu,” jelas Hadi, Jumat (3/11).