Penjelasan Kodim Sukabumi Soal Info Anak Tentara Huni Pos Ronda

DedeKosasih (45) mengaku anak tentara. Ia sudah tahun menghuni pos ronda berukuran 2×2 meter persegi di KampungKebondanas, RT 01 RW 03, KelurahanKarangtengah, KotaSukabumi, Jawa Barat.
Personel Kodim 0607 Sukabumi melalui Koramil 0706 Gunungpuyuh mengecek kabar tersebut. Hasilnya informasi Dede anak tentara ternyata tidak benar.

Hal ini diungkapkan Danramil 0706 Kapten Infanteri Joko Susilo. Hasil penelusuran pihaknya tidak ada yang menguatkan pengakuan Dede.

“Saya bergerak melakukan penelusuran administrasi kependudukan, yang bersangkutan ternyata bukan anak tentara. Ini juga dikuatkan dengan informasi dari tetangga dan saksisaksi mata di sekitar tempat Dede Kosasih tinggal,” kata Joko kepada detikcom di Markas Koramil 0706 Gunungpuyuh, Sukabumi, Jumat (8/12/2017).

Joko menjelaskan status ayah Dede hingga kini tidak jelas. Bahkan sejumlah saudarasaudara Dede tidak mengenal baik sosok ayahnya.

“Setelah dia lahir sosok ayahnya ini sudah tidak ada. Jadi bagaimana dia tahu kalau ayahnya itu tentara, intinya secara administratif dan keterangan saksisaksi serta keluarga bisa dipastikan Dede ini bukan anak tentara,” lanjutnya.

Terlepas dari siapa ayah Dede, Joko bersama Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan (GM FKPPI) dan aparat kelurahan dibantu warga setempat kemudian bergerak membangun tempat tinggal untuk Dede.

“Atas petunjuk dari Dandim, saya berkoordinasi dengan GM FKPPI membangun rumah layak untuk Dede. Kemarin sudah kita buat pondasi, akan terus berlanjut dengan perkiraan waktu sampai selesai sekitar 2 minggu sudah selesai dan bisa ditempati oleh Dede,” ujar Joko.

Related Post