Penembak Las Vegas Juga Tembaki Tangki Bahan Bakar di Bandara

Stephen Paddock, pelaku penembakan brutal, ternyata sempat melepas tembakan ke arah Bandara Internasional McCarran di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Salah satu tangki bahan bakar pesawat di kompleks bandara itu terkena peluru Paddock. Untungnya, tangki bahan bakar itu tidak meledak.

Seperti dilansir media lokal, Las Vegas ReviewJournal, Jumat (6/10/2017), juru bicara Bandara Internasional McCarran, Chris Jones, pihak bandara diberitahu oleh otoritas penegak hukum lokal dan federal bahwa satu dari dua tangki bahan bakar mereka terkena tembakan.

“Terkena tembakan senapan saat penembakan tragis yang terjadi di Las Vegas pada 1 Oktober malam,” ujar Jones dalam pernyataan tertulis kepada Las Vegas ReviewJournal. Saat itu, aktivitas penerbangan dihentikan sementara.

Pada 1 Oktober malam, Paddock melakukan penembakan brutal dari kamar hotel lantai 32 di Mandalay Bay. Dia menargetkan orangorang yang menonton konser musik country di seberang hotel. Sedikitnya 58 orang tewas dalam penembakan brutal itu dan lebih dari 500 orang lainnya lukaluka. Paddock tewas bunuh diri sebelum polisi mendobrak masuk ke kamar hotel. Motif penembakan ini masih misterius.

Jones menuturkan, pengelola bandara menyadari ada dua peluru senapan yang mengenai salah satu tangki raksasa berwarna putih yang menampung 43 ribu barel bahan bakar pesawat, yang terletak di sebelah timur hotel Mandalay Bay itu. Terdapat dua tangki besar di lokasi itu, namun hanya satu yang terkena tembakan.

Lokasi Hotel Mandalay Bay, yang ada di sebelah kiri, berjarak cukup jauh dengan dua tangki bahan bakar, yang ada di dekat pojok kanan bawah Foto: Screenshot/Google Maps
Diketahui posisi tangki itu berjarak sekitar 300 meter dari lokasi konser musik country yang ditargetkan Paddock pada 1 Oktober lalu. Sedangkan jarak lokasi konser dengan kamar lantai 32 yang menjadi lokasi Paddock melancarkan aksi brutalnya, dilaporkan mencapai 300400 meter.

“Satu peluru menembus Tank 202, yang separuh terisi bahan bakar pesawat. Peluru kedua ditemukan di dalam pelindung baja bagian terluar pada tangki yang sama, dan tidak menembus. Tangki ini masih diperiksa oleh para pakar yang tidak menemukan bukti adanya asap maupun api,” demikian pernyataan pihak Bandara McCarran.

Jones menambahkan, tangki yang terkena tembakan itu telah dikosongkan dan akan diperiksa secara menyeluruh kemudian diperbaiki. “Suplai bahan bakar di bandara tidak terkena dampaknya. Semua berfungsi,” imbuhnya.

Secara terpisah, sumber yang memahami insiden ini menyebut kedua peluru itu mengenai bagian atas tangki. Tangkitangki itu dioperasikan oleh Swissport Fueling, perusahaan yang melayani suplai bahan bakar pesawat untuk Bandara McCarran. Agen Biro Investigasi Federal (FBI) telah memeriksa tangki itu dan memeriksa jalur peluru dari Mandalay Bay ke lokasi. Tim pakar forensik khusus FBI dibawa dari Washington DC, ke Las Vegas.

Dua kaca jendela lantai 32 yang dipecahkan penembak brutal Las Vegas
Sumber yang memahami insiden ini juga menyebut, Paddock memecahkan dua kaca jendela di kamar lantai 32 Mandalay Bay yang ditempatinya. Satu jendela menghadap langsung ke lokasi konser musik country, sedangkan satu jendela lainnya menghadap langsung ke tangki bahan bakar itu.

Ditegaskan Jones, tangkitangki bahan bakar itu telah memenuhi standar struktural dan keamanan yang ditetapkan Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (NFPA). “Bertolak belakang dengan spekulasi, kemungkinan tembakan senjata akan memicu api atau ledakan adalah nol,” ucapnya.