Penambang Batu Tewas Tertimbun di Batang

Seorang penambang batu warga Dukuh Gunungmulyo, Desa Deles, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang tewas tertimbun. Tebing yang ditambang longsor hingga menimbun korban, Turjalal atau Mbah Situr (60).

Peristiwa itu terjadi, Senin (23/10/2017) saat korban berdsama istrinya Tukuni (45) menambang batu di sekitar Sungai Kaliputih.
Turjalal menambang batu di tebing sungai tersebut. Sedangkan istrinya juga melakukan hal yang sama tidak jauh dari lokasi suaminya.

Tanpa diduga tebing sungai yang ditambah Mbah Situr longsor. Longsoran tanah dan batu langsung menimbunnya.

Menurut Tukini, suaminya hendak mengambil batuan yang ada di tebing di bagian bawah.

“Tebing yang digali tidak tinggi. Namun saat batubatu itu diambil, tibatiba bebatuan kecil dan batu besar beserta tanah yang berada di bagian atas jatuh menimpa tubuh suami saya,” kata Tukini.

Tukini yang mengetahui kejadian tersebut, langsung shock begitu melihat suaminya tertimbun longsoran. Dia pun kemudian berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar.

Beberapa warga di sekitar lokasi yang mengetahui kejadian itu langsung memberikan pertolongan. Warga lainnya ada yang melaporkan ke perangkat desa, Polsek Bawang dan Koramil 04 Bawang.

Dengan dibantu warga, petugas mengeluarkan tubuh korban yang tertimbun tanah longsoran. Korban berhasil dievakuasi namun jiwa tidak dapat tertolong.

Kapolsek Bawang, AKP Goemana, menjelaskan saat ditemukan, korban dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Tubuhnya terlungkup tertimbun tanah dan bebatuan.

“Kejadian ini murni musibah atau kecelakaan, pihak keluarga menerimanya. Korban langsung dibawa ke rumah duka untuk segera disucikan dan dimakamkan,” kata Goemana.