Pelantikan Mahathir Mohamad Jadi PM Baru Malaysia Ditunda

Kuala Lumpur – Rencana pelantikan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-7 ditunda. Pihak Kesultanan Malaysia menyebut tidak ada pelantikan untuk Kamis (10/5) ini.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star dan Reuters, Kamis (10/5/2018), Mahathir tidak akan dilantik sebagai PM Malaysia yang baru pada Kamis (10/5) pagi. Rencana sebelumnya menyebut Mahathir akan dilantik sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

Sesaat usai mengklaim kemenangannya pada Kamis (10/5) dini hari, Mahathir menyatakan Yang di-Pertuan Agong akan menandatangani surat penunjukan dirinya sebagai PM Malaysia yang baru. Disebutkan bahwa seremoni pelantikan akan digelar di Istana Negara di Kuala Lumpur pada Kamis (10/5).

Namun The Star juga melaporkan bahwa upacara pelantikan Menteri Besar Kedah yang dijadwalkan pada Kamis (10/5) malam juga mengalami penundaan. Alasan penundaan tidak diungkapkan dan jadwal pelantikan yang baru belum dirilis.
Namun dalam pernyataan terbaru, seorang juru bicara Kesultanan Malaysia menyatakan tidak ada seremoni apapun pada Kamis (10/5) ini.

Tidak disebut lebih lanjut alasan perubahan jadwal ini. Secara terpisah, salah satu juru bicara Mahathir mengaku dirinya belum mendengar kabar apapun dari Istana Negara.

Laporan wartawan Channel News Asia menyebut personel kepolisian memblokir pintu utama Istana Negara. Belum ada keterangan resmi dari otoritas Malaysia terkait hal ini.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *