Panwaslu Brebes Persoalkan 2 Pejabat Hadiri Deklarasi Relawan Cagub

Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Brebes mempersoalkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng, Wika Bintang, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Zaenudin. Keduanya menghadiri deklarasi relawan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai pasangan cagub-cawagub Jateng, di Brebes.

Hari ini Panwaslu memanggil dan memeriksa Zaenudin terkait kehadirannya dalam pengukuhan pengurus Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kabupaten Brebes, yang diselingi pengukuhan Relawan Jateng Gayeng (RJG), kelompok relawan yang mendukung pasangan Ganjar-Heru.

Ketua Panwas Brebes, Wakro, mengatakan Panwas Kecamatan Tanjung telah melaporkan kehadiran sejumlah pejabat pada pengukuhan pengurus SBSI Brebes di Kecamatan Tanjung pada Kamis (14/12) lalu. Selain dihadiri Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, juga dihadiri dua pejabat tersebut sebagai aparat sipil negara (ASN) yang datang menggunakan mobil dinas plat merah.

“Pak Zaenudin sebagai terlapor dan Panwas sudah memeriksa lima orang termasuk Zaenudin. Kami akan melimpahkan kewenangan pemeriksaan ke Panwas Provinsi untuk memeriksa Ibu Wika di Semarang. Ini prosesnya sedang berjalan, kemungkinan besok akan diperiksa,” ujar Wakro, Senin (19/12/2017).

Usai menjalani pemeriksaan, Zaenudin mengaku, dirinya menghadiri acara tersebut atas perintah Bupati Brebes untuk mendampingi pejabat provinsi. “Ada disposisi yang memerintahkan saya untuk mewakili Bupati Brebes dalam acara itu,” ucapnya.

Dia mengaku, sejak awal hingga menjelang selesai, acaranya murni pengukuhan DPC SBSI Brebes. Namun pada akhir acara, secara tiba-tiba digelar acara pengukuhan Relawan Jateng Gayeng. “Dari pertama sampai saya mau pulang tidak ada pengukuhan relawan. Saat mau pulang, tiba tiba ada spanduk pengukuhan relawan itu,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *