Pakde Karwo Sebut Minggu Ini Tim 17 Umumkan Pendamping Khofifah

Tim 17, yang bertugas menjaring bakal cawagub Jawa Timur pendamping Khofifah Indar Parawansa, telah mengerucutkan nama calon menjadi dua nama. Rencana penentuan cawagub Khofifah akan digelar pada minggu ini.

Penentuan cawagub pendamping Khofifah dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 bakal digelar pada minggu ini atau tinggal menunggu beberapa hari lagi. Tim 17, yang terdiri atas para kiai dan bu nyai, akan memberi pengumuman.

“Minggu ini saya kira sudah (ditentukan cawagubnya),” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo kepada detikcom di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Senin (13/11/2017).

Tim 17 terus menggodok namanama yang layak menjadi calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah. Tim 17 juga terus membahas dan sempat memunculkan tiga nama.

“DPP yang diajak bicara. Tiga nama, dua nama, itu artinya sudah diajak bicara DPP,” katanya.

“Pokoknya di situ artinya mengerucut, sudah dibicarakan bersamasama. Dari tiga sudah dibicarakan. Mana yang kemudian discoring bersamasama, sudah dibicarakan,” imbuh Soekarwo.

Soekarwo mengklaim dua nama yang masuk sebagai bakal cawagub Khofifah merupakan usul mereka. “Semua yang dibicarakan itu bagian dari usulan Demokrat,” tambah dia.

Dua nama yang masuk dalam penjaringan Tim 17 itu juga diusulkan DPD Demokrat Jatim ke DPP untuk bisa didampingkan dengan Khofifah. Namanama yang diusulkan DPD Demokrat Jatim di antaranya Direktur Utama Rumah Sakit Umum dr Soetomo, Harsono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Heru Tjhajono, Kepala Inspektorat Provinsi Jatim Nurwiyatno, Wakil Bupati Ngawi, serta kader Demokrat Oni Anwar Harsono.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu juga membenarkan DPD Demokrat mengusulkan nama Bupati Bupati Trenggalek Emil Dardak untuk menjadi pendamping Khofifah. Belakangan, nama Emil memang santer di bursa Pilgub Jatim.

“Iya (membenarkan Bupati Emil diusulkan untuk bacawagub Khofifah),” kata Pakde Karwo.

Namun Pakde Karwo masih enggan menyebut siapa dua nama calon yang masuk penjaringan Tim 17. Dia juga bergeming saat dimintai konfirmasi apakah Emil masuk dalam penjaringan calon pendamping Khofifah.

“Nggak bisa (dikirakira dua nama itu),” tutur Gubernur Jatim itu.