Pak Bupati, Korban Puting Beliung Sidoarjo Butuh Bantuan

Korban puting beliung di tiga desa di Waru, Sidoarjo berharap bantuan dari pemkab segera diberikan. Mereka sangat membutuhkan untuk perbaikan rumah yang rusak di terjang puting beliung.

Sudah memasuki hari ke13 sejak puting beliung melanda, tiga desa tersebut belum mendapatkan kejelasan bantuan. Tiga desa itu yakni Desa Tambakrejo, Tambak Sumur, dan Tambak Sawah, Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Menurut Ali Murtadho (54) ketua RT 3 RW 1, bahwa sampai saat ini warga di Desa Tambakrejo belum mendapatkan bantuan dari Pemkab Sidoarjo. Bantuan hanya dari posko berupa sembako dan asbes.

“Untuk bantuan dari pemkab berupa uang belum diberikan,” kata Ali Murtadho kepada detikcom di rumahnya, Senin (4/12/2017).

Lebih lanjut Ali mengatakan, sebenarnya bantuan yang didapatkan oleh warga sangat minim. Seperti bantuan dari posko di balai desa yakni asbes yang setiap rumah hanya mendapatkan lima asbes.

“Sampai saat ini bantuannya sangat minim. Asbes saja tiap warga dijatah, padahal warga sangat membutuhkan, untuk apa saat ini asbes menumpuk di posko,” kata Ali.

Hal yang sama disampaikan Jamali (50), warga Desa Tambakrejo. Jamali mengatakan bahwa sampai saat ini sudah memasuki hari ke 13. Tapi bantuan yang dijanjikan oleh Pemkab belum diberikan.

“Sebenarnya sosialisasi terkait besar kecilnya bantuan warga itu belum mengetahui. Warga mengetahui itu dari pemberitan media, ” kata jamali.

Hal senada di keluhkan oleh Maskur (48) warga Desa Tambakrejo RT 2 RW 1. Maskur mengharapkan bantuan tersebut untuk segera di cairkan karena saat ini warga di Tambakrejo sangat membutuhkan.

“Perbaikan rumah yang saya bangun ini uangnya di dapat dari hutang keluarga, Sebenarnya kami sangat membutuhkan bantuan tersebut,” kata Maskur di selasela perbaikan rumahnya.

Maskur menambahkan, Kalau menunggu bantuan cair, dia tak tahu bakal kapan rumah itu bisa ditempati. Rumah Maskur hanya berukuran 5×12 meter dan ditempati tujuh orang.

“Bantuan asbes itu dijatah, kami hanya dapat 14 asbes, maka kami berharap secepatnya bantuan dari pemkab dicairkan, karena warga sangat membutuhkan,” tandasnya.

Perlu diketahui bahwa warga tiga desa yakni Desa Tambakrejo, Desa Tambak Sawah, dan Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru ini diterjang angin puting beliung pada Rabu (22/11/2017).
Ada 902 bangunan yang rusak terdampak puting beliung.