OTT Pemkot Batu, Polisi Tetapkan Kabid Cipta Karya Tersangka

Polisi menetapkan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Kota Batu Nugroho Widiyanto alias Yayan alias Yeyen menjadi tersangka kasus dugaan korupsi.

“Kami menetapkan seorang tersangka OTT di Batu dengan barang bukti uang Rp 25 juta,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, Senin (2/10/2017).

Sebelumnya, Tim Saber Pungli Kemenko Polhukam melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap tiga pejabat di Pemerintah Kota Batu, pada Kamis (24/8/2017). Ketiganya adalah, Kepala Bidang Cipta Karya Nugroho Widiyanto (NW) alias Yayan, Kasi Bidang Perumahan Fafan Firmansyah dan Kasi Cipta Karya pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pemkot Batu, M Hafid.

Mereka diduga terlibat memeras atau melakukan pungutan liar dari pelaksana proyek GOR kompleks Stadion Brantas tahun anggaran 2016 dengan nilai kontrak Rp 28.766.756.000 dan Guest House Mahasiswa Batu di Kota Malang tahun anggaran 2016 dengan nilai Rp 3.191.800.000. Ketiganya sempat diperiksa dan dilepas oleh tim saber pungli di Polres Batu.

Selang beberapa hari kemudian, tim saber pungli Polda Jatim mengambil alih kasus tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi hingga ahli, serta gelar perkara, tim saber pungli dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim menetapkan Kabid Cipta karya Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Kota Batu itu ditetapkan sebagai tersangka.

“Bukan dilepas. Waktu itu, pemeriksaan saksi 1 x 24 jam waktunya nggak cukup. Kemudian gelar perkara dan dilimpahkan ke polda,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Agus Santoso.

NW ditetapkan sebagai tersangka, karena diduga melanggar pasal 11 dan atau pasal 12 huruf e Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU RI nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak pidana korupsi.

“Tersangka meminta dan menerima uang secara berulang kepada penyedia jasa (proyek) di luar ketentuan yang berhubungan dengan jabatannya,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *