ORI DIY Upayakan Mediasi Konflik Internal Sekolah Bhinneka Yogya

Yogyakarta Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY akan mengupayakan mediasi pihakpihak yang bertikai. Komite sekolah dan guru Sekolah Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta telah mengadukan kasus itu ke kantor ORI DIY. ORI DIY juga memanggil Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk duduk bersama dalam satu meja.

“Setelah melakukan pendalaman informasi dari pelapor, Ombudsman RI Perwakilan DIY mempertimbangkan kemungkinan untuk menyelenggarakan mediasi. Mediasinya melibatkan yayasan, pengelola sekolah dan Dinas Pendidikan,” ujar Kepala ORI DIY Budhi Masthuri ke wartawan, Selasa (18/7/2017).

Namun Budhi belum bisa memastikan waktu mediasi tersebut. Sekarang ini ORI Perwakilan DIY baru berusaha menjalin komunikasi dengan pengurus yayasan. Bila komunikasi berhasil, pihaknya bakal segera mengumpulkan pihakpihak terkait untuk berkumpul dalam satu meja.

“Untuk itu Tim Ombudsman sedang menjajaki bridging (menjembatani) komunikasi dengan pengurus yayasan dalam waktu dekat. Mengingat kondisi terkini layanan pendidikan bagi para siswa sekolah Bhineka Tunggal Ika Yogya (perlu mendapat perhatian),” tegas Budhi.

Saat ditanya permasalahan yang melilit yayasan, sampai mengakibatkan orangtua wali murid mengungsikan aktivitas belajar ke Ndalem Notoprajan Kota Yogyakarta, Budhi mengakui memang ada konflik internal yakni adanya masalah antara yayasan dengan pengelola sekolah.

“Permasalahannya lebih pada sengketa antara yayasan dengan pengelola sekolah. Namun ada dimensi pelayanan pendidikan terhadap para siswasiswi yang terdampak. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan juga perlu memberikan perhatian untuk menyelesaikan aspek pelayanan pendikannya,” pungkas Budhi.