Operasi Zebra Semeru 2017, Polres Gresik Bagikan Pin

Gresik memulai Operasi Zebra Semeru 2017 dengan membagikan pin keselamatan. Pin ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan.

“Kami membagikan pin keselamatan kepada pengguna jalan. Tujuannya agar lebih berhatihati sehingga selamat sampai tujuan,” ujar Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito seusai membuka operasi zebra semeru 2017 di Kantor Samsat, Rabu (1/11/2017).

Dalam operasi ini, polisi langsung melakukan sidang di tempat. Karena itu Polres Gresik tidak sendiri. Sejumlah instansi pun digandeng seperti Dinas Perhubungan, Dispenda, pengadilan, dan kejaksaan.

Yang melakukan pelanggaran langsung ditilang dan sidang di tempat. Sementara yang telah melengkapi diri dengan helm, surat, dan perlengkapan kendaraan diberi PIN keselamatan.

Operasi Zebra Semeru 2017 di Gresik (Foto: istimewa)”Kami laksanakan sidang di tempat untuk kepastian hukum. Bayar denda tilangnya pun juga di situ,” kata Boro.

Boro berharap Operasi Zebra Semeru 2017 bia menekan kecelakaan lalu lintas, terutama di Gresik. Pada 2015, angkanya sebanyak 18 %. Di tahun 2016 turun menjadi 16 %.

“Pada 2017 ini harus bisa turun menjadi 1512 %. Black spot di Gresik utamanya di Cermen karena faktor penerangan jalan yang masih kurang,” tandas Boro.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto meluncurkan program barunya di momen Operasi Zebra Semeru 2017 ini. Wikha meluncurkan Traffic Safety Everywhere (TSE).

TSE adalah video yang dikemas secara modern. Video berduarasi 8.20 menit ini berisi testimoni dari para korban kecelakaan. Video ini diputar saat dilakukan Operasi Zebra perdana Polres Gresik di depan Samsat Gresik. Pelanggar yang sedang menunggu sidang di tempat bisa melihat video ini.

Karena berisi testimoni para korban kecelakaan, diharapkan video ini menggugah para pengguna jalan agar lebih berhatihati bila tak ingin bernasib seperti yang ada di video.

“Para pengguna jalan bisa mengambil pelajaran setelah melihat video. Jadi tak perlu mengalami kecelakaan dulu baru dapat pengalaman. Dari video ini, pengguna jalan bisa mengambil pengalaman para korban,” kata Wikha.

Wikha sengaja membuat program ini karena prihatin dengan angka kecelakaan yang tinggi di Gresik. Pada semester awal saja di tahun ini, telah terjadi 3 ribu angka kecelakaan di Gresik.

Saat pelanggar menjalani sidang di tempat (Foto: istimewa)”Untuk selanjutnya kami akan terus update untuk video ini. Masih ada satu video dan sebentar lagi video kedua akan diproduksi,” lanjut Wikha.

Wikha memberi dan menawarkan kesempatan bagi siapa saja untuk mengisi TSE ini. Tidak hanya vlogger, warga biasa pun juga bisa

“Nanti kami akan buat channelnya. Silakan diisi, yang pentin tentang keselamatan di jalan,” tandas Wikha.