Obama Mampir Dong, Ada ‘Kembarannya’ Nih di Museum Ini

Kunjungan Obama yang tengah liburan ke Bali memang menarik untuk disimak. Namun di museum ini, traveler bisa bertemu Obama versi wayang golek. Mirip banget!

Ubud di Bali bukan sekadar teras sawah dan tempat pelarian seniman, namun juga soal budaya. Bagi kamu yang ingin ketemu Obama versi wayang golek, coba deh mampir ke Museum Topeng dan Wayang Setia Darma yang berada di Jalan Tegal Bingin, Gianyar

Saat berkunjung ke sana pada Kamis pekan lalu, (22/6/2017), detikTravel pun sempat diceritakan sejarah singkat dan latar belakang dari museum tersebut.

“Ini ownernya Hadi Sunyoto, tinggal di Jakarta. Beliau punya beberapa tujuan, pelestarian seni tradisional topeng dan wayang,” cerita guide Museum Topeng dan Wayang Setia Darma, Ketut Artawijaya.

Diketahui, Hadi Sunyoto merupakan seorang pebisnis dan pecinta budaya. Kecintaannya pada budaya telah membuatnya mengkoleksi berbagai topeng dan wayang dari Indonesia hingga luar negeri.

Menyadari akan semakin pudarnya perhatian pada budaya wayang dan topeng di tanah air, ia pun mengumpulkan semua koleksinya ke dalam satu tempat di Ubud. Pada tahun 2006, hadirlah hadir Museum Topeng dan Wayang Setia Darma yang memiliki desain natural dan dipadukan dengan unsur budaya nusantara.

Hal itu terlihat dari keberadaan tiga rumah utama bergaya Joglo khas yang didatangkan langsung dari Jawa dan dirakit ulang. Dalam setiap rumahnya terdapat berbagai koleksi wayang hingga topeng dari dalam dan luar negeri yang terbagi jadi beberapa tema.

“Ini rumah asli tinggal Joglo yang usianya sudah cukup tua, didapat dari rumah pedalaman Jawa,” cerita Ketut.

Ada Joglo Plumpang yang memamerkan topeng barong dari jawa Barat hingga Bali, Joglo Boma untuk memamerkan koleksi wayang dan topeng Bali, Joglo Senori untuk memamerkan topeng nusantara, Joglo Keben untuk wayang kulit, Joglo Bojonegoro untuk wayang golek dan Joglo Blora untuk koleksi topeng internasional.

Diketahui terdapat sekitar 6.900 benda yang terdiri dari wayang dan topeng. Ada 1.300 koleksi topeng dari Indonesia, Afrika, serta Jepang. Belum lagi 5.700 wayang yang berasal dari Indonesia, China, Malaysia, Thailand, Myanmar, hingga Kamboja. Tidak kalah dengan di Museum Wayang Jakarta.

Namun dari semuanya, yang paling menarik adalah wayang golek berkarakter Obama yang dapat ditemui di dalam Joglo Bojonegoro. Dibuat oleh almarhum dalang Tisar Purbaya, tokoh Obama ini tampak berjabat tangan dengan almarhum manager museum, Prayitno.

Selain itu, Museum Topeng dan Wayang Setia Darma juga memiliki ruang pameran serta panggung outdoor dengan latar menghadap teras sawah. Tersedia juga kafe hingga fasilitas WiFi yang bisa wisatawan manfaatkan.

Traveler yang ingin melihatnya pun bisa datang langsung ke Museum Topeng dan Wayang Setia Darma. Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WITa. Tidak dipungut bayaran, tapi diperbolehkan untuk menyumbangkan donasi seikhlasnya. Obama tidak mau mampir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *