Nongkrong Asyik di Banyu Leisure Park, Ruang Publik Baru Kota Bandung

Banyu Leisure Park dibangun di sebagian lahan milik PDAM Tirtawening di Jalan Ciungwanara, Kota Bandung, Jabar. Banyu Leisure Park berkonsep modern minimalis.

Di tempat itu, terdapat foodcourt dan tendatenda makanan. Sejumlah menu makanan hadir di area seluas 1.100 meter persergi tersebut.
Selain tempat makanan, di lokasi itu juga terdapat toko baju hingga barbershop.

Di bagian utara, terdapat dinding yang telah dihiasi dengam mural berwarna. Di depan tembok bermural, terdapat tangga yang bisa dijadikan tempat duduk.

Wali Kota Bandung yang karib disapa Emil menyambut baik hadirnya ruang terbuka tersebut. Menurut dia, munculnya tempat ini sudah sesuai dengan peraturan Wali Kota Bandung.

“Ini bagian penerjemahan peraturan Wali Kota yang mewajibkan BUMD di Kota Bandung untuk tidak membuat asetnya mubazir. Apapun bisnisnya, lahanlahan yang ada dalam lingkungan BUMD harus diaktivasi dan memiliki nilai ekonomi,” ucap Emil.

Emil menuturkan, Banyu Leisure Park sendiri bisa menjadi sarana untuk menyalurkan kreatifitas masyarakat khususnya anak muda di Kota Bandung. Terlebih, kata dia, hadirnya tempat ini mampu mendongkrak perekonomian di Kota Bandung.

“Mudahmudahan ini jadi contoh, khas Bandung yang kreatif, punya ruangruang berkarya, dan ritel untuk anakanak muda Bandung,” kata Emil.
Di tempat yang sama, Dirut PDAM Sonny Salimi mengatakan, pembangunan Banyu Leisure Park ini dilakukan oleh pihak ketiga sejak awal tahun. Pihaknya hanya menyediakan lahan untuk pembangunan ini.

“Ini sesuai Perwal yang memang menberikan peluang bagi seluruh BUMD untuk hisa mengoptimalkan asetaset yang selama ini tidur. Hari ini kita membuktikan sanggup mengimplementasikan seluruh kebijakan Wali Kota,” kata Sonny.
Sementara untuk pengelolaan area tersebut, Sonny menyebut akan dilakukan oleh pihak ketiga. Dalam hal ini, pihaknya hanya mendapat royalti dan biaya sewa lahan dari pihak ketiga.

“Tempat ini kita kerjasamakan dengan pihak ketiga sehingga kita mendapat sewanya, mendapat royaltinya, dan mereka mendapat tempat usahanya. Jadi winwin solution,” kata dia.