Ngeri, Ada Kadal Raksasa Nyasar di Kebun Belakang Rumah

Seekor kadal berukuran raksasa yakni 1,2 meter ditemukan tersesat di sebuah rumah di kawasan Riverside, California, Amerika Serikat. Kadal unik itu disebut masih keluarga komodo.

Dilansir dari CBS Los Angeles dan mynewsla.com, Jumat (3/11/2017), kadal itu ditemukan di rumah Christine dan Craig Williams, di kawasan Las Flores Avenue, sebelah selatan Riverside (91) Freeway, dekat California Citrus State Historic Park. Kadal itu ditemukan pada Rabu (1/11) lalu.

William mengatakan ke Departemen Layanan Satwa, jika dua anjingnya menggonggong ke sesuatu yang berada halaman belakang. Dia kemudian menyadari jika ada kadal atau naga mini itu.

“Anjinganjing itu kesal. Sehingga kami segera membawanya masuk ke dalam rumah. Karena jenis kadal itu bisa membuat kerusakan bagi mereka dan mereka juga bisa merusak kadal itu,” urai William.

Saat ditemukan, kadal itu terlihat bertengger di pagar tanaman. Seorang petugas layanan satwa John Hergenreder mendekati satwa itu dengan hatihati.

“Kadal itu tidak berusaha melarikan diri ketika saya mendekatinya, tapi dia mulai mendesis dengan keras,” kata Hergenreder.

Hergenreder berhasil menjerat kadal itu dengan kawat yang ada di tongkatnya. Dia kemudian meletakkan kadal itu di sebuah pikap dan mengirimnya ke Tempat Penampungan Hewan Western Riverside County di Jurupa Valley.

Ahli satwa di tempat penampungan hewan itu mengidentifikasi kadal itu berasal dari hutan hujan tropis di Papua. Satwa itu merupakan jenis kadal yang biasa tinggal di pepohonan.

Para pemerhati satwa itu menduga kadal itu lepas dari pemiliknya. Jika hingga beberapa bulan ke depan tidak ada yang mengklaim kadal itu, naga mini itu akan dikirim ke penangkaran satwa eksotis.