Nenek-nenek Rusia Perbaiki Jalan karena Jenuh Tunggu Pemerintah

Sekelompok nenek Rusia memperbaiki jalan dengan swadaya lantaran bosan menunggu tindakan pemerintah daerah.

Pejabat di daerah pegunungan Ural mengatakan bahwa jalanan berlubang di Desa Svedniy Bugalish dalam kondisi “layak” dan tidak perlu diperbaiki. Padahal, jalan di desa telah berlubang dan curah hujan meningkat di daerah itu.

Mendapat respons tersebut, sekelompok nenek mengambil sekop dan gerobak dorong, seperti dilaporkan laman berita Rossiya 24.

Menurut situs Ura.ru, sekelompok perempuan lanjut usia termasuk seorang nenek berusia 90 tahun mengumpulkan sumbangan masingmasing 500 rubel (Rp 113 ribu) untuk membeli satu truk kerikil. Mereka kemudian mulai bekerja memperbaiki jalan dengan bantuan dua lakilaki.

Fotofoto yang dipublikasikan oleh tabloid Komsomolskaya Pravda sebelum mereka mulai bekerja menunjukkan genangan air di sepanjang jalan menuju desa mereka.

Pahlawan modern

Sebelum aksi sekelompok nenek, jalan telah diperbaiki secara swadaya. Awal musim panas tahun ini, dua lakilaki muda menggunakan batu dan aspal dingin untuk memperbaiki jalan dalam kondisi serupa, seperti diberitakan Ura.ru.

Respons di media sosial Rusia cukup marak. Pengguna laman VKontakte media sosial Rusia mengatakan “Berita ini sangat Rusia sehingga menakutkan. Perempuanperempuan tua ini adalah pahlawan di era modern kita.”

Di Twitter, mereka dipuja sebagai “nenek tangguh dari Ural”. Banyak orang Rusia memandang orangorang dari bagian tengah Rusia yang luas lebih tangguh dan ulet dibanding tempat lain.