NasDem Bidik Kemenanangan Pilwalkot dan Pilbup Cirebon

Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustofa (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom) Cirebon Partai NasDem menargetkan menang di beberapa daerah dalam Pilkada serentak di Jabar. Salah satunya adalah kemenangan di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustofa mengatakan, Kota dan Kabupaten Cirebon merupakan salah satu basis yang ditargetkan menang dalam Pilkada serentak 2018. Pasalnya dua daerah tersebut mempunyai kans yang kuat mengingat jumlah kursi legislatif memadai.

Namun sejauh ini pihaknya belum menentukan siapa calon yang akan diajukan dalam pemilihan kepala daerah tersebut. Pasalnya saat ini proses masih berjalan sehingga peluang dan kesempatan masih terbuka untuk setiap calon.

“Semuanya masih dalam tahap mencermati. Kita masih pelajari siapa saja nama dan tokoh di Cirebon yang kuat. Termasuk pecarian bakat dari kader atau partai lain,” ujar Saan usai Rapat Konsolidasi di DPD NasDem Kota Cirebon, Rabu (2/8/2017).

Menurut Saan setiap calon nantinya akan dilihat dari segi kualitas serta tingkat elektabilitas dan popularitas disurvei oleh lima lembaga kredibel yang direkomendasikan oleh pusat.

“NasDem pastikan Pilkada tanpa mahar. Kita tidak akan minta alokasi proyek dan lainlain. Yang diminta Nasdem calon harus kerja keras dan komitmen membawa Cirebon lebih baik,” katanya.

Sejauh ini, kata Saan, selain Kota dan Kabupaten Cirebon ada beberapa daerah yang ditargetkan menang dalam Pilkada serentak 2018 di Jabar. “Kita targetkan 60 persen pilkada di Jabar atau 1112 daerah plus satu Pilgub dimenangkan oleh NasDem,” ucapnya.

Soal koalisi pihaknya menyerahkan semua pada daerah masingmasing. Pasalnya kondisi partai setiap daerah berbeda dan hanya bisa diatasi secara berbeda tidak paralel mengikuti koalisi nasional atau Jabar.