Merokok di Kereta Api, Oknum TNI Diturunkan Paksa di Stasiun

Yogyakarta Seorang oknum TNI diketahui merokok di kereta api diturunkan paksa di sebuah stasiun kecil atau terdekat. Dia bersama dua anggota keluarganya diturunkan di Stasiun Rewulu, Sedayu Bantul saat menumpang KA Prameks.

Petugas yakni Polsuska di KA Prameks yang bertugas mengetahui ada seseorang yang merokok di dalam toilet. Setelah diperiksa dia mengak dan kemudian diturunkan.

Oleh karena dia menumpang KA Prameks bersama keluarganya maka semuanya ikut turun di Stasiun Rewulu, Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY). Penumpang tersebut naik KA Pramex dari Kutoarjo akan ke Solo.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan peristiwa ini terjadi pada hari Selasa (8/8/) kemarin. Penumpang tersebut diketahui merokok didalam toilet kereta api.

Tindakan merokok tersebut diketahui petugas Polsuska. Sesuai dengan aturan yang berlaku maka penumpang kemudian diturunkan dari kereta api. Saat itu ia naik bersama keluarganya total ada 3 orang yang akhirnya semua ikut turun.

“Merokok di toilet, ada asap dan bau yang keluar. Petugas Polsuska kemudian mencarinya. Pertama memang tidak mengakui, tapi ada buktibuktinya,” kata Eko Budiyanto di Kantor Daop 6 Yogyakarta, Rabu (9/8/2017).

Setelah diperiksa, penumpang tersebut menunjukan kartu tanda anggota TNI. Tetapi aturan larangan merokok di kereta api berlaku bagi siapapun. Polsuska menegakkan aturan yang berlaku tanpa pandang bulu kepada siapapun.

Eko mengatakan aturan berlaku bagi siapapun tidak hanya pegawai kereta api, penumpang, tetapi semuanya baik itu penumpang sipil mapun militer. Maka tindakan tegas dilakukan kepada siapun demi kenyamanan pelayanan kereta api. Aturan larangan merokok di dalam kereta api itu dibuat untuk kenyamanan bagi semua penumpang.

“Dari penuturan petugas setelah diurut mengaku dan menunjukkan beliau anggota. Saat itu tidak pakai seragam atau mengenakan pakaian sipil,” katanya.

Stasiun KA Rewulu di Kecamatan Sedayu, Bantul itu merupakan stasiun kecil di sebelah barat Stasiun KA Patukan, Ambarketawang Gamping, Sleman. Stasiun KA Sedayu jaraknya kurang dari 8 km dari Stasiun Tugu Yogyakarta atau terletak di tengah antara Stasiun Patukan dan Sentolo Kulon Progo. Stasiun Rewulu paling banyak disinggahi KA pengengkut BBM karena berdekatan dengan Depo Pertamina Rewulu.