Meriahkan HUT RI ke 72, Warga Yogyakarta Ikut Lomba Buat Lotek

Yogyakarta Lotek merupakan salah makanan tradisional yang mengandung gizi lengkap. Lotek berisi diantaranya ketupat, sayur bayam, kol, tomat, mentimun, daun selada, dicampur bumbu kacang yang ditumbuk dan kerupuk.

Memeriahkan acara peringatan hari kemerdekaan RI digelar lomba membuat lotek di Yogyakarta. Lomba membuat menu lotek ini diikuti ratusan warga baik bapakbapak maupun ibuibu.

Sebanyak 750 peserta mengikuti lomba membuat lotek tersebut.Lomba ini digelar di Jl. Ipda Tut Harsono atau di depan kantor Balai Kota Yogyakarta, Minggu(20/8/2017).

Kelompok bapakbapak terlihat bersemangat dan tidak mau kalah bersaing dengan ibuibu. Mereka memasak per kelompok untuk membuat makanan lotek yang higienis. Semua peralatan seperti kompos gas, cobek dan aneka sayuran telah disiapkan panitia. Peserta tinggal memasak dengan waktu yang telah ditentukan panitia.

Lomba ini dinilai langsung oleh Asosiasi Chef Indonesia dengan penilaian mengenai cara mamasak, penyajian dan rasa. Lomba memasak lotek ini juga sebagai sosialisasi revolusi pangan dengan makanmakanan yang sehat.

Saat lomba di mulai, peserta masingmasing kelompok di meja yang telah disiapkan langsung memasak semua bahan yang telah disiapkan. Ada yang menggoreng, merebus sayuran hingga setengah matang.

Salah satu peserta Anik (45) mengatakan memasak lotek sering dilakukan dirumah. Karena dalam lomba ini berkelompok maka dari urusan bumbu dan lainya harus dibicarakan lebih dulu dengan anggota lainya. Ia mengaku senang karena lotek dilombakan agar lebih dikenal masyarat luas sebagai makanan lokal yang mengandung banyak gizi.

“Inikan makanan tradisional, harus dilestarikan. Senang ada lomba masak lotek ini,” katanya.