Mengisi Liburan dengan Melihat Kontes Sapi di Purworejo

Menghabiskan waktu libur panjang tidak harus berkunjung ke tempat wisata. Melihat kontes sapi di Purworejo Jawa Tengah misalnya, bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Puluhan sapi dengan berbagai jenis dikompetisikan dalam ajang kontes sapi yang digelar oleh warga Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag pada Minggu (24/12/2017) sore. Kontes tersebut merupakan salah satu acara dalam rangka ulang tahun desa yang ke 91.

Jenis sapi metal, limosin maupun sapi putih biasa atau sering disebut sapi ongol berdiri berjajar untuk dinilai oleh dewan juri. Penilaiannya pun meliputi tinggi dan panjang badan, kegagahan dan kecantikan dan lain-lain.

“Yang ikut sesuai dengan kategori, ada sapi metal, limosin dan sapi putih biasa atau ongol. Yang dinilai meliputi panjang dan tinggi badan, kegagahan dan kecantikan dan lain-lain,” tutur Kades Ketawangrejo, Supriyanto (41) kepada detikcom, Minggu (24/12/2017) sore di sela-sela acara yang bertempat di lapangan desa setempat.

Ribuan penonton memenuhi lapangan desa tersebut berjubel-jubel untuk menonton sapi-sapi yang dikonteskan. Sapi-sapi itu juga diberi nama yang unik oleh pemilik seperti Bima, Bromo hingga Poniyem.

Akhirnya, sapi bernama Bromo yang merupakan sapi jenis metal berhasil menjadi juara pertama dalam kategori yang diikutinya. Sapi yang juara mendapatkan tropi dan uang jutaan rupiah.

Sementara itu, Sudiono (48) pemilik Bromo mengaku senang karena sapi jantan miliknya berhasil menjadi juara pertama. Sapi yang berwarna cokelat terang itu sendiri telah berumur sekitar 3 tahun.

“Poin nya tadi 408 dan bisa juara satu, tapi tropi sama uangnya masih diberikan nanti malam. Semoga besok-besok bisa juara lagi kalau ikut kontes,” tuturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *