Mengintip Lemari Khusus Barang Hilang di PMI Kota Bandung

Bandung Petugas PMI Kota Bandung kerap menemukan barang tertinggal milik para pendonor darah. Untuk mempermudah mencari pemiliknya, barangbarang itu dipajang di sebuah lemari kaca.

Lemari kaca khusus barangbarang tertinggal itu berada di ruang pelayanan donor darah. Letaknya berada di sudut bagian pendaftaran. Sehingga dengan mudah terlihat oleh pendonor yang datang.

Terlihat barangbarang seperti jam tangan, topi, kacamata, jaket. Terkadang ada juga barang seperti KTP dan identitas lainnya tertinggal usai melakukan donor darah. Ratarata barangbarang itu sudah ada di lemari kaca selama berbulanbulan.

“Lemari (khusus) ini sudah ada sejak Januari tahun ini. Memang sering yang sudah donor yang ketinggalan barang, kita simpan,” kata Wakil Ketua PMI Kota Bandung, Ace Kusnadi saat ditemui di kantornya, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (19/7/2017).

Ia menuturkan sebelumnya barang barang milik pendonor itu hanya di simpan oleh petugas di tempat tertutup. Belum lagi terkadang petugas lupa menyimpang barang tertinggal milik para pendonor.

Menurutnya barang yang tertinggal ratarata tidak tertera identitas pemiliknya. Sehingga, sambung dia, petugas kesulitan mencari pemiliknya apabila tidak ada pendonor yang datang mencarinya.

“Jadi lebih baiknya kita buat tempat transparan, karena tidak tau barang milik siapa. Kalau nanti para pendonor datang bisa lihat itu, kalau memang miliknya bisa menyampaikan ke petugas,” tutur dia.

“Karena barangbarang itu tidak ada identitasnya, kadi sulit juga membuktikan milik siapa. Kita mengandalkan kejujuran para pendonor saja,” menambahkan.
Diakuinya hanya segelintir pendonor saja yang sudah mengambil barang tertinggal. Pasalnya, sambung dia, rutinitas donor darah dilakukan 3 bulan sekali. Itu pun apabila merupakan pendonor tetap PMI Kota Bandung.

“Jumlahnya masih banyak sejak ada lemari itu. Kita tidak tahu, mereka bisa saja memikirkan jatuh di mana. Mereka baru ke sini 3 bulan sekali. Kecuali barang seperti STNK kan ada alamatnya, jadi bisa kita kembalikan ke pemiliknya,” kata Ace.