Mengenang Perjuangan Prof Soeharso Lewat Drama Kolosal di Boyolali

Boyolali Boyolali memperingati HUT ke72 Kemerdekaan RI dengan mengenang perjuangan pahlawan nasional Prof Dr Soeharso. Perjuangan sosok Soeharso dihadirkan dalam bentuk drama kolosal.

Drama yang menggambarkan perjuangan pahlawan nasional, Prof Dr Soeharso, ditampilkan dalam upacara peringatan HUT ke72 Kemerdekaan RI di Alnalun Pemkab Boyolali, Kamis (17/8/2017). Drama kolosal itu melibatkan sekitar 500 orang dari berbagai elemen masyarakat di Boyolali.

Drama kolosal ini melibatkan setidaknya 500 orang. Komadan Kodim 0724/Boyolali, Letkol (Arh) Nova Mahanes Yudha, mengatakan drama kolosal tersebut bertemakan perjuangan Prof Dr Soeharso.

“Dia adalah Pahlawan Nasional. Dia salah seorang tokoh pejuang dari Ampel, Boyolali,” kata Nova.

Dijelaskan, Prof Dr Soeharso ketika perang melawan penjajah sebagai tenaga medis. Sehingga dimunculkan perannya dalam merebut kemerdekaan.

“Berjuang kontak langsung dan peran medis dari pejuang,” jelas dia.

Mengingat jasajasa para pahlawan, lanjut dia, bisa memberikan energi positif bagi generasi penerus bangsa untuk lebih berprestasi. Pagelaran drama kolosal itu pun berlangsung meriah.

Drama kolosal di Boyolali. Setelah gelaran drama kolosal dan upacara selesai, anggota forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) Boyolali mengikuti konvoi menumpang kendaraan jeep.

Konvoi tujuan pertama yakni ke Taman Makam Pahlawan untuk ziarah dan tabur bunga. Selanjutnya menuju Rutan Boyolali, untuk pemberian remisi kepada para narapidana.