Massa FUU Jabar Tolak Perppu Ormas

Terbitnya Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (ormas) mendapat penolakan dari beberapa pihak. Di Kota Bandung, massa Forum Ulama Ukhuwah (FUU) Jawa Barat (Jabar) berunjuk rasa menolak Perppu tersebut.

Aksi demo berlangsung di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (15/7/2017). Area depan gerbang kantor gubernur Jabar itu dipadati pedemo.

Massa aksi, baik pria dan wanita, bergabung untuk berunjuk rasa menolak Perppu tersebut. Mereka datang sambil membawa tulisan-tulisan bernada penolakan terhadap Perppu Ormas. Selain itu, beberapa orang turut naik ke atas mobil bak terbuka dan melakukan orasi menggunakan pengeras suara.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kami melihat kondisi sekarang yang mengenaskan. Dengan itu (Perppu) tentunya melukai kaum muslim,” ujar koordinator aksi, Ali Bayanullah, di sela-sela demo.

Ali mengatakan, tuntutan dalam aksi tersebut meminta kepada pemerintah untuk mencabut Perppu tersebut. Menurut dia, terbitnya Perppu akan mengekang gerak para ulama yang tergabung dalam Ormas islam dalam berdakwah.

“Tentunya dengan Perppu itu dampaknya kami merasa dikekang kegiatan kami,” ucapnya.

Unjuk rasa damai ini digelar dengan harapan dapat didengar oleh pemerintah. Sehingga, kata dia, pemerintah bisa mencabut kembali Perppu tersebut.

“Kami tidak akan berhenti (berjuang) sampai Perppu dicabut kembali,” ujar Ali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *