Mantan Capres AS John McCain Didiagnosis Menderita Tumor Otak

Arizona Senator senior yang juga mantan calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, John McCain, didiagnosis menderita tumor otak. McCain kini tengah mempertimbangkan sejumlah opsi perawatan medis termasuk kombinasi kemoterapi dan radiasi.

McCain yang berusia 80 tahun ini sudah enam periode menjadi Senator Republik. Dia pernah menjadi capres Partai Republik pada pemilihan presiden AS tahun 2008, yang akhirnya kalah dari capres Partai Demokrat saat itu, Barack Obama.

Dituturkan kantor Senator Arizona ini, seperti dilansir Reuters, Kamis (20/7/2017), McCain kini tengah beristirahat di kediamannya di Arizona. Dia baru saja menjalani operasi di Mayo Clinic, Phoenix pada Jumat (14/7) lalu, untuk mengangkat gumpalan darah di atas mata kirinya.

Analisis jaringan tubuh setelah operasi dilakukan, mengungkapkan adanya tumor otak primer yang disebut glioblastoma yang terkait dengan gumpalan darah itu. Gliobastoma dikategorikan sebagai tumor grade IV, jenis kanker agresif yang bermula di bagian otak manusia.

Dokter yang menangani McCain menyatakan, Senator AS ini mengalami pemulihan luar biasa dari operasi yang baru dijalaninya. Kondisi kesehatannya saat ini, disebut dokter, luar biasa.

Sosok McCain sendiri dikenal sebagai politikus senior Partai Republik sejak lama. Kini dia menjabat sebagai Ketua Komisi Angkatan Bersenjata Senat AS. McCain juga pernah menjadi tahanan perang semasa mengabdi sebagai tentara Angkatan Laut AS pada era Perang Vietnam.

Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, menyebut sosok McCain sebagai seorang pahlawan. McConnel mengharapkan McCain bisa kembali mengabdi di Gedung Capitol, Washington DC.

“Kami semua menantikan untuk bertemu kembali dengan pahlawan Amerika ini segera,” demikian ucap McConnell dalam pernyataannya.