Mana Saja Objek Wisata di Merapi yang Masih Tutup Pasca Letusan?

Sejumlah objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masih ditutup pasca letusan freatik Gunung Merapi kemarin pagi. Di antaranya Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di kawasan Kaliurang, Pakem, Sleman.

Pantauan detikcom di lokasi, tampak loket dan pintu masuk ke Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo ditutup. Sejumlah petugas terlihat berjaga-jaga di loket untuk menyampaikan informasi jika ada wisatawan yang datang.

“Ditutup sejak kemarin ada letusan, sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata salah seorang petugas, Dedi, Sabtu (12/5/2018).

Di dinding samping pintu masuk loket juga tertempel kertas berisi surat edaran dari Balai TNGM yang ditandatangani oleh Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati.

Sementara itu pantauan detikcom di kawasan Tlogo Putri, tampak para pengunjung datang untuk berwisata. Sebagian naik jip wisata lava tour, ada yang berjalan-jalan keliling Tlogo Putri sambil menikmati hiburan musik di panggung utama, serta sejumlah pedagang yang sudah beraktivitas.
Surat edaran itu berisi informasi penutupan objek wisata di kawasan TNGM, yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon di Kalikuning Cangkringan, Sapuangin dan Deles di Klaten, Jurang Jero dan Srumbung di Magelang.

“Saya tetap buka, kalau kelamaan tutup nanti jenuh di rumah. Ini Tlogo Putri dan jip juga sudah buka, yang ditutup kan yang di dalam (Tlogo Muncar-Tlogo Nirmolo),” kata seorang pedagang, Tutik Kuntari, warga Kaliurang Barat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *