Longsor di Probolinggo Timpa 5 Rumah Warga, Dua Orang Luka

Probolinggo 5 Rumah di lereng Gunung Bromo, Probolinggo tertimpa longsor. Itu setelah dilanda hujan semalaman di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang.

Akibat, longsor yang terjadi Rabu (22/11/2017) pagi, seorang warga luka dan satu anak terjepit. Mereka berhasil dievakuasi.

Salah satu warga, Rumiana (40) mengaku peristiwa longsor terjadi pukul 05.00 WIB. Beruntung dia dan keluarnya berhasil menyelamatkan diri.

“Hujannya lebat pak, saat itu langsung bunyi braak! Saya panik pak, bingung yang ada di pikiran saya,” jelas Rumiana saat ditemui di lokasi.

Kepala Dusun Sape Sari Rejo Royatin (40) mengaku setiap musim penghujan wilayahnya menjadi langganan longsor. Sebab, tanahnya basah dan saat penghujan tidak labil.

“Hampir setiap musim hujan, pasti ada musibah tanah longsor di desa ini,” ujar Royatin saat dihubungi.

Sementara Camat Lumbang Yudi membenarkan jika di daerah Kecamatan Lumbang longsor jika hujan deras. 5 Rumah pun terkena longsor dan kerugiannya puluhan juta rupiah. “Ya ada 5 rumah yang rusak akibat longsor,” tandasnya.

Lima rumah warga yang longsor yakni:

1. Rumiana/Ngasapari (40) warga Dusun/Sapih Kecamatan Lumbang
2. Tujar (55)
3. Torsono (45)
4. Joko (65)
5. Tarki (30)

Sedangkan korban luka yakni Lani (26) mengalami luka dan 1 anak kecil kaki terjepit terkena reruntuhan. Lani terpaksa dirawat karena saat longsor, sedang memasak di dapur. Kakinya masuk di tungku panas.