Limbah Medis Cirebon, Demiz Minta Pengusaha Rongsok Nakal Ditindak

Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meninjau langsung ke lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah alat medis.

Dari hasil pantaunnya, Deddy menilai pembuangan limbah medis di TPS liar tersebut tersistematis. Padahal, menurut Deddy penanganan limbah medis memiliki aturan khusus.

“Limbah medis ini khusus. Dalam aturannya tidak boleh dibuang seperti ini. Jelas ini melanggar aturan,” kata pria yang akrab disapa Demiz itu usai meninjau ke TPS liar Desa Panguragan Wetan, Sabtu (9/12/2017).

Baca Juga: Ngeri! Limbah Alat Medis Menumpuk di Bantaran Sungai Cirebon

Adanya limbah medis di TPS liar itu diduga berasal dari pengusaha rongsok yang menampung limbah medis di Kecamatan Panguragan. Demiz juga mendorong pihak kepolisian dan Pemda Kabupaten Cirebon menindak tegas pengusaha yang menampung limbah medis itu.

“Itu sudah melanggar aturan. Sebetulnya yang memiliki tanggungjawab soal ini adalah pihak keamanan dan pemda setempat,” tuturnya.

Saat disinggung mengenai buktibukti adanya dugaan sejumlah rumah sakit yang juga terlibat dalam persoalan limbah medis itu, Demiz menegaskan oknum rumah sakit atau pihak ketiga yang mengelola limbah medis di rumah sakit tersebut harus ditangkap dan ditindak tegas. “Tangkap saja. Oknumnya ditahan dan diperiksa, karena ini melanggar aturan,” ucapnya.

Demiz juga menilai adanya timpukkan limbah medis menggambarkan bahwa Cirebon memiliki persoalan besar dalam penanganan soal sampah. “Ini kewenangannya pemda, kita hanya bisa jadi fasilitator untuk TPS regional. Cirebon punya problem, karena belum ada tempat sampah yang dikelola dengan baik,” ucapnya.

Sebelumnya, tim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan investigasi dengan mengumpulkan sejumlah buktibukti, seperti bungkus obatobatan dari beberapa rumah sakit, yakni RS Mitra Husada Pringsewu Lampung, RSUD Fatmawati, Instalasi Farmasi RSKD Duren Sawit Jakarta Timur, Instalasi Farmasi Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya, RS Izza Karawang, Laboratorium RS Pusat Pertamina, RSUD Tugurejo Jawa Tengah, RS Muhammadiyah Mardhatilah Pemalang, Instalasi Farmasi RSUD Kota Tangerang, RSUD Koja Jakarta Utara, RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan, dan RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya.