Liburan 5 Hari Obama di Bali: Kunjungi Terasiring Hingga Rafting

Barack Obama menghabiskan 5 hari liburan di Bali. Ini merupakan kunjungan pertama Obama ke Indonesia semenjak tidak lagi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Sejumlah destinasi seperti ke terasiring di Tabanan hingga menjajal jeram di Sungai Ayung didatangi Obama selama di Bali.

Obama tiba di Bali sejak hari Jumat, 23 Juni 2017. Ia datang bersama sang istri Michelle, kedua anaknya Malia dan Sasha dan rombongan. Mereka menginap di Four Seasons Bali at Sayan Resort di Ubud, hari pertamanya langsung dihabiskan Obama untuk beristirahat. Baru di hari keduanya, ia langsung ‘tancap gas’ dengan berkeliling Ubud.

Selama di Ubud, Obama mendatangi Agung Rai Museum of Art (ARMA) dan Pura Dalem. Ia juga sempat bersembahyang dan menabur bunga untuk perdamaian dunia. Saat di ARMA, Obama dan keluarga mendapatkan hidangan khas jajanan Bali dan mencicipi es kelapa muda.

“Dia tahu makanan khas Indonesia, nasi goreng, tapi nggak sempat. Jadi minum air kelapa dan laklak,” ujar pemilik museum, Agung Rai di ARMA, Sabtu (24/6).

Di hari ke-3, Obama dan rombongan mengunjungi terasiring di Desa Jatiluwih, Tabanan, yang juga merupakan situs warisan UNESCO. Selama kira-kira 80 menit di terasiring, Obama menyusuri trekking path, melihat-lihat subak atau sistem irigasi, hingga ke Pura Subak Jatiluwih. Kunjungan Obama di sana mendapat banyak respons positif.

“Pertama saya berikan apresiasi yang sangat tinggi, karena apa, dapat seorang mantan Presiden, negara adidaya lagi dapat melihat langsung ke lapangan. Saya secara pribadi sebagai masyarakat Jatiluwih, sebagai petani juga, merasa sangat bangga sekali,” ujar tokoh adat Subak, I Gede Suweden di rumahnya, Minggu (25/6).

Keesokan harinya (26/6), Obama menjajal rafting Sungai Ayung, Badung, Bali. Salah satu pemandu rafting dari Desa Rafting, Putu Tapa, menyebutkan jeram yang dilalui Obama dan rombongan memiliki tingkat kesulitan 4 dari 10. Terdapat juga zona renang dan area untuk lompat dari tebing.

Bali dikenal sebagai pulau seribu pura. Rasanya tidak afdal jika tidak mengunjungi pura sebagai destinasi wisata. Obama bersama rombongan menyempatkan diri jalan-jalan ke Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawi saat berada di Gianyar, Selasa (27/6).

Obama tampak kasual dengan mengenakan kaus polo berwarna putih dipadukan jins biru dan kacamata hitam. Obama tersenyum menikmati suasana jalan-jalan sore harinya di Tirta Empul. Tak lama, sekitar 30 menit kemudian, ia beranjak menuju Pura Gunung Kawi. Bahkan saat di Pura Gunung Kawi, Obama terlihat menggunakan sarung. Sarung adalah kewajiban ketika seseorang memasuki tempat ibadah masyarakat Hindu tersebut.

Nah, di hari ini (28/6) Obama bersama rombongan akan meninggalkan Bali. Rencananya, mereka akan liburan ke Yogyakarta selama dua hari sampai tanggal 29 Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *