Kunjung Pasar Wonokromo, Khofifah Bicara Harga Cabai dan Bawang

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Pasar Wonokromo. Selain menyapa para pedagang, Khofifah ingin mengetahui sejumlah harga pokok.

“Kegiatan mendatangi pasar adalah aktivitas saya setiap pagi, untuk mengecek barang mana yang naik atau turun,” kata Khofifah saat di Pasar Wonokromo, Rabu (38/3/2018).

Khofifah sudah mengunjungi banyak pasar di Jawa Timur. Dari kunjungannya itu, Khofifah mengaku harga bawang merah dan cabai merangkak naik.

“Saat berkunjung di Malang harga bawang merah naik, sedangkan di Ngawi harga cabai merah biasanya Rp 20 ribu perkilo naik menjadi Rp 50 ribu perkilo. Kenaikan bawang dan cabai itu fluktuatif,” ujar Khofifah.

Khofifah mengimbau agar ibu-ibu rumah tangga tidak perlu risau dengan kenaikan harga cabai. Para ibu bisa mengatasi salah satunya dengan menanam di rumah masing-masing seperti yang dilakukan olehnya.

“Tidak perlu butuh lahan yang luas, kita bisa menanamnya di rumah masing-masing seperti di dalam pot,” ujar Khofifah.

Khofifah menyampaikan jika harga cabai naik, semuanya bisa memetik sendiri dirumah tanpa harus beli. Bukan pada saat harga cabai naik baru menanamnya.

“Saya sudah melakukan itu, di rumah saya punya puluhan tanaman cabai didalam pot. Di rumah Surabaya dan Jakarta saya juga sudah menanamnya,” kata Khofifah.

Khofifah juga mengatakan warga bisa menanam sendiri karena bibit cabai sangat murah. Saat ini Menteri Pertanian telah menyiapkan ribuan bibit cabai untuk masyarakat.

“Sekarang masyarakat mengambil bibit-bibit di dinas-dinas pertanian. Kita tinggal menanamnya dan kita tinggal menyiapkan untuk keluarga dan tentangga kita. Itu cara yang sedehharana sehingga harga yang fluktuasi bisa dihindarkan,” tandas Khofifah.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *