Kuburan Massal Berisi 40 Jasad Ditemukan di Desa Afghanistan

Kabul Beberapa kuburan massal ditemukan di sebuah desa Syiah di Afghanistan utara. Kuburankuburan massal di desa yang baru saja direbut kembali dari kelompok militan Taliban tersebut, berisi setidaknya 40 jasad.

Sebelumnya pada 5 Agustus lalu, puluhan orang tewas ketika Taliban menyerang desa Mirza Olang di provinsi Sare Pul, Afghanistan utara. Menurut mediamedia lokal, para militan ISIS bekerja sama dengan militan Taliban dalam serangan tersebut. Namun kelompok Taliban membantah laporan tersebut.

“Kami sejauh ini telah menemukan tiga kuburan massal di desa tersebut, yang berisi jasad total 42 orang, termasuk tiga anakanak, sebagian dari mereka telah dipenggal,” tutur juru bicara gubernur, Zabihullah Amani seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (16/8/2017).

Diimbuhkannya, salah satu kuburan massal berisi 23 jasad, kuburan massal kedua berisikan 11 jasad dan kuburan massal ketiga berisi delapan jasad.

“Mayoritas telah diidentifikasi sebagai warga sipil, mungkin ada juga beberapa personel perlawanan di antara mereka. Operasi pencarian akan dilanjutkan besok,” tutur Amani.

Temuan kuburan massal tersebut disampaikan setelah militer Afghanistan mengumumkan bahwa desa Mirza Olang telah direbut kembali dari para militan Taliban, menyusul pertempuran sengit selama beberapa hari. Setidaknya 50 militan dilaporkan tewas dalam pertempuran antara militan dan militer Afghanistan tersebut.

Sebelumnya, saat menduduki desa tersebut, Taliban sempat menyandera sekitar 235 orang. Mereka kemudian dibebaskan setelah tercapai kesepakatan dengan pejabatpejabat lokal.