KPU Serang Temukan 13 Ribu KTP Ganda Pendukung Calon Independen

KPU Kota Serang melakukan verifikasi administrasi terhadap calon independen. Hasilnya, KPU Kota Serang menemukan 13 ribu KTP dukungan ganda. Selain itu, seratusan data juga ditemukan berlatar belakang PNS, TNI dan Polri.

“Kegandaan kirakira 13 ribu data ganda dari 3 calon, kalau data belum memenuhi syarat kategori seperti PNS, TNI dan Polri sekitar seratusan,” kata Komisioner KPU Kota Serang Fierly Mudliyat Mabruri saat berbincang, Kota Serang, Banten, Selasa (5/12/2017).

Mayoritas identitas ganda yang ditemukan adalah kategori ganda internal. Atau, satu identitas KTP memberikan dukungan kepada calon yang sama lebih dari satu kali.

Setelah ini, KPU lanjutnya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Hal ini untuk memastikan data pendukung yang belum masuk ke daftar pemilih tetap di Pemilu atau Pilkada terakhir.

Di Disdukcapil nanti akan memberikan hasil rekomendasi berupa data kependudukan benar dan dukungan sah. Kedua, data kependudukan tidak benar dan dukungan tidak memenuhi syarat. Terakhir data kependudukan belum bisa diverifikasi. Untuk kategori terakhir akan dipastikan ulang di tahapan verifikasi faktual pada 1225 Desember.

Jika hasil verifikasi nanti final dan ketiga calon perseorangan yang mendaftar di KPU memiliki dukungan kurang dari 38.700 KTP. Maka, KPU memberikan waktu perbaikan selama 3 hari di 1820 Janurari 2018.