KPU Jabar Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih

KPU Jawa Barat bertekad meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2018. KPU menargetkan partisipasi pemilih mencapai 75 persen.

“Pemilu terakhir tahun 2014 ada di angka 73 persen. Untuk tahun depan minimal tetap, tapi kita targetkan meningkat ke 75 persen,” ucap Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat ditemui di Gedung Sate usai aksi gerak jalan, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (29/10/2017).

KPU Jabar juga akan menekan angka golongan putih (golput) saat Pilkada. Saat Pilkada sebelumnya, sambung Yayat, angka golput di Jabar mencapai 27 persen.

“Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat golput itu. Dari faktor administrasi ada kelemahan KPU, kita terus sempurnakan. Lalu faktor politik, itu tanggung jawab bersama,” tandasnya.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan meminimalisir angka golput pada Pilkada tahun depan, KPU Jabar terus melakukan sosialisasi. Salah satunya dengan kegiatan gerak jalan yang diselenggarakan KPU bersama sejumlah masyarakat. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan turut ikut dalam kegiatan tersebut.

“Ini salah satu instrumen sosialisasi. Dalam kesempatan ini kita juga sekaligus menyampaikan bahwa KPU Jabar siap melaksanakan,” kata dia.