Korut Punya Pengumuman Langka Untuk Semua Warga Korea

Otoritas Korea Utara (Korut) menyampaikan pengumuman langka untuk semua warga Korea di dalam dan luar negeri. Diserukan agar mereka melakukan terobosan untuk unifikasi tanpa bantuan negara-negara lain.

Lewat kantor berita resmi Korut, KCNA, seperti dilansir Reuters, Kamis (25/1/2018), disampaikan agar seluruh warga Korea “mempromosikan kontak, perjalanan, kerja sama antara Korea Utara dan Korea Selatan” seraya menambahkan bahwa membantu Pyongyang akan menghancurkan semua tantangan terhadap reunifikasi semenanjung Korea.

Juga disampaikan agar warga Korea memberi dorongan energik untuk meredakan ketegangan militer yang akut dan menciptakan iklim damai di semenanjung Korea. Disebutkan bahwa ketegangan militer di semenanjung Korea merupakan “penghalang fundamental” bagi perbaikan hubungan antar Korea dan unifikasi.

Juga disampaikan bahwa latihan militer gabungan dengan “pasukan luar” telah terbukti tidak membantu untuk kemajuan hubungan antara Korut dan Korsel.

Pengumuman Korut tersebut disampaikan setelah pertemuan gabungan partai-partai politik dan pemerintah negeri komunis itu. Tidak disebutkan lebih detail mengenai alasan pertemuan gabungan tersebut digelar. Namun disebutkan KCNA, pertemuan itu dimaksudkan untuk mendukung pernyataan pemimpin Korut, Kim Jong-Un dalam pidatonya saat Tahun Baru lalu mengenai unifikasi Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *