Korut Pastikan Kim Jong-Un Bersedia Bahas Denuklirisasi dengan AS

Washington – Pejabat-pejabat Korea Utara (Korut) menyampaikan kepada pejabat-pejabat Amerika Serikat bahwa pemimpin mereka, Kim Jong-Un siap untuk membahas denuklirisasi. Kepastian ini makin membuka jalan untuk berlangsungnya pertemuan Kim Jong-Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Ini merupakan pertama kalinya kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Korut kepada Washington, setelah sebelumnya disampaikan lewat penasihat keamanan nasional Korea Selatan (Korsel), Chung Eui-yong.

Banyak pakar kebijakan luar negeri skeptis akan keberhasilan pertemuan tersebut, jika jadi terlaksana. Sebabnya, Washington tak akan menerima apapun selain keputusan Pyongyang untuk menghentikan program nuklir dan rudal balistiknya.
“Korut telah mengonfirmasi bahwa Kim Jong-Un bersedia untuk membahas denuklirisasi Semenanjung Korea,” ujar seorang pejabat pemerintah Trump kepada The Wall Street Journal dan Washington Post, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (9/4/2018).

Bulan lalu, Washington mengumumkan bahwa pihaknya telah menyetujui pertemuan pertama bersejarah antara Trump dan Kim akan digelar pada akhir Mei mendatang. Namun tak ada keterangan lebih detail mengenai tanggal maupun tempat berlangsungnya pertemuan tersebut.

Sementara Kim kemungkinan akan memberikan syarat-syarat berat untuk denuklirisasi, termasuk tuntutan agar pasukan AS meninggalkan semenanjung Korea. Hal tersebut sulit dibayangkan akan dilakukan mantan-mantan presiden AS sebelumnya.

Sebelumnya, Korut dan Korsel telah menggelar pertemuan yang dimaksudkan untuk mempersiapkan protokol, langkah-langkah keamanan dan liputan media untuk konferensi tingkat tinggi antara Kim dan Presiden Korsel Moon Jae-in pada 27 April mendatang.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *