Korut Luncurkan Rudal, Kim Jong-Un Dikabarkan Punya Anak Ketiga

Pyongyang Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim JongUn dikabarkan telah memiliki anak ketiga. Kabar ini muncul nyaris bersamaan dengan peluncuran rudal balistik Korut yang melintasi wilayah udara Jepang.

Dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, seperti dilansir AFP, Selasa (29/8/2017), istri Kim JongUn, Ri SolJu, telah melahirkan anak ketiganya pada Februari tahun ini. Ri sempat menghilang dari publik selama beberapa bulan, sehingga memicu spekulasi dirinya sedang hamil.

Informasi ini disampaikan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap News Agency pekan ini, dengan mengutip sejumlah anggota parlemen Korsel, yang baru saja mendapat penjelasan dari Badan Intelijen Korsel (NIS). NIS memberi penjelasan dalam rapat tertutup, usai Korut kembali meluncurkan rudal balistik. Penjelasan NIS itu juga mencakup persiapan uji coba nuklir Korut yang dilaporkan telah selesai.
Kabar soal anak ketiga Kim JongUn muncul saat Korut meluncurkan rudal balistik yang melintasi wilayah udara Jepang bagian utara. Rudal Korut itu dilaporkan mengudara sejauh 2.700 kilometer dan mampu mencapai ketinggian 550 kilometer, sebelum jatuh ke perairan Pasifik dekat Hokkaido.

Menurut berbagai laporan intelijen Korsel sebelumnya, Ri dan Kim diketahui menikah tahun 2009. Ri dilaporkan melahirkan anak pertamanya setahun kemudian, atau tahun 2010. Anak kedua pasangan ini dilaporkan lahir tahun 2013.

Kim JongUn merupakan generasi ketiga dari dinasti Kim yang menguasai Korut. Namun hanya sedikit informasi yang terungkap ke publik soal keluarga penguasa rezim komunis itu.
Mantan pemain basket NBA Dennis Rodman, yang pernah berkunjung ke Korut tahun 2013, menjadi satusatunya sumber informasi soal anak kedua Kim dan Ri. Rodman menyebut anak kedua pemimpin Korut itu berjenis kelamin perempuan dan bernama JuAe. Rodman mengaku dirinya sempat menggendong anak kedua Kim dan menyebut pemimpin Korut itu sebagai ayah yang baik yang memiliki keluarga yang baik.

Tidak diketahui pasti soal jenis kelamin anak pertama dan anak ketiga Kim JongUn.

Menjalani kehidupan yang lebih terbuka dibandingkan ayahnya, Kim JongIl yang introvert, rincian pribadi Kim JongUn tidak banyak terungkap. Bahkan tanggal lahir dan tanggal pernikahannya dengan Ri tidak pernah bisa dipastikan hingga kini.

Laporan intelijen Korsel menyebut Ri sebagai sosok wanita dari keluarga biasa, dengan ayah seorang akademisi dan ibu seorang dokter. Ri pernah berkunjung ke Korsel tahun 2005 sebagai bagian dari tim pemandu sorak dalam Kejuaraan Atletik seAsia.