Korut Klaim Uji Coba Bom Hidrogen Berlangsung Sukses Sempurna

Pyongyang Otoritas Korea Utara (Korut) menyatakan pihaknya telah menggelar uji coba bom hidrogen. Korut mengklaim uji coba yang diperintahkan pemimpin mereka, Kim JongUn, ini berlangsung dengan sukses sempurna.

“Uji coba bom hidrogen berlangsung sukses sempurna,” ucap seorang penyiar berita pada televisi nasional Korut, Korean Central Television (KCTV), seperti dilansir AFP, Minggu (3/9/2017).

Pengumuman ini disampaikan Korut sekitar beberapa jam setelah berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel) dan China, menyatakan keyakinan mereka bahwa Korut menggelar uji coba nuklir terbaru.

Media AS, CNN, menyebut penyiar berita yang menyampaikan pengumuman penting ini adalah penyiar televisi veteran Korut, Ri ChunHee. Ri yang berusia 70an tahun ini telah mengabdi sebagai penyiar KCTV selama 40 tahun terakhir dan selalu hadir menyampaikan beritaberita penting Korut.

Sang penyiar itu menyebut, uji coba ini sebagai langkah penuh makna dalam menyempurnakan program senjata nuklir Korut. Disebutkan juga bahwa bom hidrogen buatan Korut ini dirancang untuk bisa dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru milik Korut.

“Ini juga menandai momen sangat signifikan dalam mencapai tujuan akhir untuk melengkapi kekuatan negara nuklir,” imbuh sang penyiar seperti dikutip kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), seperti dilansir CNN.

Bom hidrogen merupakan bom yang ledakannya disebabkan oleh pelepasan energi atom yang dihasilkan oleh inti helium yang merupakan hasil perpaduan inti ringan pada suhu yang sangat tinggi. Bom hidrogen memiliki kekuatan ledakan yang lebih dahsyat dibandingkan bom nuklir lainnya.

Beberapa jam sebelum menggelar uji coba, Korut mengklaim telah berhasil mengembangkan bom hidrogen canggih yang bisa dijadikan hulu ledak nuklir dan dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua.