KJRI New York Perkenalkan Gamelan ke Penikmat Seni AS

Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berbasis di New York, Amerika Serikat, tak pernah berhenti menebar ‘virus’ budaya Indonesia kepada dunia Internasional. Kali ini kebudayaan Indonesia yang dipamerkan berasal dari tanah jawa yaitu Gamelan.

Dikutip dari laman Kemlu.go.id, Senin (26/6/2017) bertempat di ruang Pancasila, KJRI New York mengadakan Workshop Gamelan Jawa kepada penikmat seni lokal New York.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara dari pihak World Music Institute (WMI). Acara ini berfokus pada pengenalan dan perkembangan dunia musik dan tarian internasional di wilayah Amerika. WMI menggandeng kelompok Gamelan Kusuma Laras yang merupakan kelompok gamelan jawa binaan KJRI New York.

Acara tersebut menyedot perhatian 50 peserta yang hadir. Para peserta berasal dari berbagai macam latar belakang yang kebanyakan merupakan pecinta seni musik tradisional.

Acara diawali dengan pengarahan dan pemberian materi dari pembina Gamelan Kusuma Laras yaitu I.M Harjito. Ia memberikan pengenalan singkat mengenai alat musik gamelan, sejarah, dan cara memainkannya.

Setelah itu, satu persatu peserta mencoba memukul gamelan, gong, dan gendang jawa secara berirama. Meski tampak kebingungan, lama kelamaan mereka terlihat menikmati permainan gamelan tersebut.

Tak hanya merasakan pengalaman bermain gamelan, para peserta juga berkesempatan mencicipi makanan khas Indonesia.

Menu yang disajikan antara lain, sate ayam, kue serabi, pastel dan es cendol. Beragam tanggapan muncul dari para peserta yang pertama kali merasakan makanan tersebut.

Ada yang mengatakan lezat dan ada pula yang merasa takjub karena mengetahui komposisi bahannya. Tak hanya warga asing, ada pula masyarakat Indonesia yang hadir dan mencicipi hidangan. Mereka menilai dengan adanya hal itu dapat membuat mereka merasakan kembali momen-momen saat berada di Tanah Air.

Melalui kegiatan pengenalan budaya Indonesia tersebut, KJRI New York berusaha untuk menaikkan citra positif Indonesia dan membuka mata masyarakat lokal New York akan keindahan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *