Khofifah-Emil Diminta Deklarasi Ikut Pilgub Jatim Pekan Depan

Khofifah Indar ParawansaEmil Dardak resmi diusung oleh Partai Demokrat di Pilgub Jawa Timur 2018. Ketua Tim 17, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah meminta pasangan KhofifahEmil berkomunikasi dengan partai pengusung lainnya.

“Tentu ini perlu dikomunikasi dengan partai partai pendukung lain, malam ini akan ketemu dengan partai lain. Saya katakan dikomunikasikan hari ini,” ujar Gus Solah di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Gus Solah pun berharap partai pendukung pasangan duet Khofifah dan Emil Dardak mendeklarasikan secara resmi sebagai pasangan di Pilgub Jatim pada pekan depan. Menurutnya, partai pendukung tidak perlu terlalu lama mengumumkan pasangan tersebut.

“Saya nggak tahu ya, tentunya tidak boleh terlalu lama ya. Saya berharap dalam waktu seminggu bisa diumumkan. Mungkin diumumkan cepat saja tapi deklarasi semacam upacara seminggu tidak terlalu lama,” ucap Gus Solah.

Gus Solah menyebut salah satu kiai Jawa Timur dari Tim 17 ikut mengantarkan KhofifahEmil ke kediaman Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, untuk menerima surat rekomendasi pengusungan. Bupati Trenggalek itu menurut Gus Solah merupakan pilihan Khofifah sendiri dan para kiai Jawa Timur.

Dalam pilihan pendamping Khofifah, ada dua nama yang muncul yakni Emil Dardak dan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. Namun Emil lebih banyak mendapat suara.

“Pilihan banyak orang, termasuk bu Khofiah. Bu Khofifah bisa milih salah satu tapi banyak suara ke Pak Emil. Ipong Bupati Ponorogo,” jelas dia.

Diketahui, partai pendukung Khofifah lainnya untuk maju Pilgub Jawa Timur yakni Partai NasDem, Hanura, PPP, dan Golkar. Namun saat ini baru Partai Demokrat yang setuju mendukung duet Khofifah dan Emil.